Menu

Ini Calon Andalan PDM Bidang Studi Matematika

  • Linkedin
Ahmad Rian Saifullah Ritonga (kiri baju biru) usai menerima penghargaan perunggu pada MSC 2018 di Medan beberapa waktu yang lalu.

TAPSEL – Salah satu peserta didik Pesantren Modern Unggulan Terpadu ‘Darul Mursyid’ (PDM), memiliki potensi besar untuk menjaga trend sekolah unggulan itu, dalam melanjutkan prestasi Sains tahun mendatang. Adalah Ahmad Rian Saifullah Ritonga, yang kini masih duduk di kelas IX MTs (SLTP).

Ahmad Suheili Pulungan selaku Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains (PKS) PDM menjelaskan, sosok Ahmad Rian yang akrab disapa Rian ini, menjadi salah satu calon andalan dari PDM dalam melanjutkan tren positif ‘sekolah pendulang’ prestasi sains dari Tapsel.

Menurutnya, satu tugas divisi yang ia tanggungjawabi yakni, Divisi PKS adalah mencetak dan bibit-bibit generasi PDM untuk melanjutkan trend prestasi sains yang pernah diraih PDM selama ini.

“Ya, salah satu tugas utama kami di Divisi PKS adalah bagaimana mencetak dan mengorbitkan generasi calon intelektual yang handal dibidangnya masing-masing. Karena kami menyadari suatau tanggung jawab besar, jika PDM telah mencatatkan nama baiknya dengan torehan berbagai prestas sains selama ini. Maka kami harus terus menelurkan regenerasi yang berkesinambungan, ungkapnya.

Dikatakan, meski demikian, pihaknya mengakui, memang masih perlu banyak pembinaan, baik dari segi intelektual maupun dari segi mental spritualnya. Sebab, prestasi yang gemilang bisa diraih, manakala ilmu pengetahuan dibarengi dengan mental dan ibadah yang baik pula.

“Rian ini memang memiliki potensi di bidang Matematika. Tapi kami masih terus melakukan pembinaan, baik dari segi intelektualnya terlebih lagi pembinaan mental dan ibadahnya. Karena prestasi bisa diraih secara konsisten bila didukung dengan ibadah yang konsisten juga. Dan memang model pembinaan di PDM begitu sehingga nantinya diharapkan lahirnya generasi yang bukan hanya cerdas tapi juga berakhlakul karimah,” pungkasnya.

Sementara Ahmad Rian Saifullah, anak pertama dari Abdul Azis Syarif Ritongan dan Elida Masni ini mengaku, telah meraih beberapa prestasi di bidang studi Matematika, baik ditingkat Kabupaten maupun provinsi.

“Alhamdulillah ada beberapa prestasi yang pernah saya raih, yakni meraih perunggu pada MSC 2018 di Medan beberapa waktu lalu, meraih perunggu di KSM Kabupaten dan menjadi salah satu utusan ke tingkat provinsi. Kemudian pernah juga meraih emas pada Olimpiade Sains Hardiknas (OSH) 2018, juara lima pada Matematic Sains Competition (MSC) 2018 dan meraih Emas pada OSPO (olimpiade Sains Pra OSK tahun 2018). Semoga kedepan saya bisa mempersembahkan yang terbaik lagi,” terangnya.

Adapun motivasinya dalam meraih prestasi adalah, ingin memberikan kebanggaan kepada kedua orangtuanya dan juga Opungnya (Tongku Ritonga). Lantas, dirinya mengaku, selalu mengingat nasehat orangtua dan opung, agar terus rajin dan sungguh-sungguh dalam belajar sehingga bisa meraih cita-cita yang gemilang di masa yang akan datang.

Menurutnya, salah satu yang membuatnya dapat meraih prestasi adalah, tak lepas juga dari peran sekolah, dimana ia mendapat pembinaan dan fasilitas yang sangat mendukung. Ditambah, pembinaan dan pelatihan dengan menyajikan bahan dan materi yang sangat baik. Disamping adanya dukungan penuh dari semua pihak untuk membakar semangatnya meraih prestasi.

“Saya ingin memberikan kebanggaan kepada kedua orangtua saya, begitu juga opung yang terus memberikan motivasi yang tiada henti kepada saya agar giat dan tekun belajar untuk meraih cita-cita. Kemudian saya bersyukur sekolah di PDM karena sekolah saya ini benar- benar serius memfasilitasi dan mengantarkan setiap siswanya meraih prestasi dibidangnya masing-masing dan juga dukungan penuh dari semua keluarga PDM. Semoga saya bisa mengharumkan nama PDM di event-event berikutnya,” pungkasnya penuh semangat. (ran)

  • Linkedin
Loading...