Olimpiade Sains dan Teknologi Citra Mandiri ke-1, MTs YPKS dan SMA Nurul Ilmi Juara I

Bagikan:
Yayasan Citra Mandiri, Ketua STMIK Citra l, Kepala SMK Kesehatan Sidimpuan Husada berfoto bersama dengan seluruh pemenang Olimpiade Sains dan Teknologi Citra Mandiri ke-1, Sabtu (17/11).

SIDIMPUAN – Yayasan Citra Mandiri menggelar Olimpiade Sains dan Teknologi Citra Mandiri ke 1, di SMK Kesehatan Sidimpuan Husada, Desa Ujung Gurab, Kecamatan Psp Batunadua, Sabtu (17/11).

Olimpiade tingkat SMP/MTs Negeri dan Swasta serta SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta menghasilkan MTs YPKS dan SMA S Nurul Ilmi sebagai Juara I.

Ketua Panitia, Ali Sahdin Siregar SPd, dalam laporannya menyampaikan peserta dari tingkat SMP/MTs yang hadir sebanyak 59 orang. Dan SMA/SKK/MA sebanyak 61 orang dengan total keseluruhan 120 orang yang berasal dari 16 sekolah.

“Harapan kami kegiatan ini tidak lain untuk mengukur sejauh mana kecerdasan anak-anak kita dalam bidang Matematika dan Teknologi Informasi,” katanya.

Kepala SMK Kesehatan Sidimpuan Husada, Mulia Syahril Nasution SPd MPd, Olimpiade ini bertema Pengintegasian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Penguatan Pendidikan Berkarakter. Sehingga sasaran yang yang diharapkan dari olimpiade ini untuk mengasah kemampuan matematika anak didik dari tingkat SMP dan SMA yang ada di wilayah Padang Sidempuan.

“Salah satu latarbelakang pelaksanaan olimpiade pendidikan sains dan informatika ini adalah menyahuti tantangan zaman yang semakin kompleks. Akhir-akhir ini, di media massa, ada berita hasil penelitian bahwa bangsa kita darurat matematika. Sebagai lembaga pendidikan yang konsen memberikan yang terbaik kepada masyarakat, Yayasan Citra Mandiri memulai langkah untuk ikut membantu bangsa keluar dari kedaruratan itu,” sebutnya.

Peneliti itu menulis, masih penyampaian Mulia, dunia pendidikan indonesia terkoreksi terkait kemampuan siswa SD sampai SMA dalam memecahkan soal matematika yang masih rendah. Kemudian, kemampuan siswa SD sampai SMA masih sederhana, yaitu tidak berbeda dari awal masuk sekolah hingga mau tamat sekolah. Inilah yang disebut peneliti tersebut sebagai kondisi gawat darurat matematika.

“Ini memang secara umum (Hasil penelitian, red). Tentu kita berharap hal ini tidak terjadi di wilayah kita,” tuturnya.

Dengan pelaksanaan Olimpiade ini, kata Mulia, SMK Kesehatan Sidimpuan Husada berharap dapat menjadi ajang yang terus mengasah dan menggali potensi yang ada di masing-masing anak didik.

“Harapan kita, anak-anak yang ikut Olimpiade ini dapat menjadi peserta Olimpiade di tingkat Nasional, bahkan di tingkat Internasional nantinya. Terus asah kemampuannya, jadikan ajang ini untuk meningkatkan prestasinya,” pesan Mulia.

Sementara itu Ketua STMIK Citra Mandiri, Awaluddin Dongoran SKom MKom mengatakan Olimpiade ini akan berlangsung setiap tahun di Yayasan Citra Mandiri. Dengan harapan Yayasan Citra Mandiri menjadi salah satu Lembaga Pendidikan yang terus aktif berkontribusi dalam membangun karakter bangsa di wilayah ini.

“Tujuannya adalah kita ingin melihat seberapa tinggi kemampuan putra-putri tingkat penguasaan matematika. Yayasan Citra Mandiri yang bergerak di bidang pendidikan, kalau kita lihat secara langsung agar kita dapat mengevaluasi kemampuan anak didik supaya pendidikan di daerah kita semakin meningkat. Karena, Padang Sidempuan menjadi salah satu Barometer Dunia Pendidikan di wilayah Sumut ini,” jelasnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada peserta yang telah berhasil menjadi pemenang Olimpiade Sains dan Teknologi Ke 1.

“Selamat kepada para pemenang, jadikan ini sebagai momentum untuk terus menggali dan mengevaluasi kemampuannya hingga berhasil meraih prestasi di even yang lebih tinggi. Begitu juga dengan anak-anak yang belum berhasil, Yayasan Citra Mandiri berpesan agar terus menggali kemampuannya dan mencoba lagi di even berikutnya,” tuturnya.

Berdasarkan hasil Olimliade tingkat SMP/MTs, Juara I Miranda Siregar dari MTs YPKS, Juara II Zulfan Rivaldy SMP IT Bunayya dan Juara III Irsyad Aulia Dongoran dari MTs Muhammadiyah 22. Tingkat SMA/SMK/MA, Juara I Aldi Maulana Pohan SMA S Nurul Ilmi, Juara II Ramadhan Saleh Sikumbang dari SMK Panca Darma, dan Juara III Adin Purnomo Zendrato SMK Kesehatan Sidimpuan Husada. (bsl)

Bagikan: