Menu

24 Ribu Kuota PPDB Online Masih Kosong

  • Linkedin
Ilustrasi

MetroTabagsel.com – Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masih membuka kesempatan bagi siswa SMA/SMK se-Sumut yang belum berhasil lulus seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun 2018.

Pasalnya, terdapat 24.000 lebih kuota calon siswa SMA/SMK Negeri masih kosong. Oleh karenanya, dibuka kesempatan kepada mereka untuk mengikuti proses seleksi PPDB Online Tahap II.

Kepala Disdik Sumut Arsyad Lubis menjelaskan, berdasarkan data yang ada, baik dari jalur akademik maupun nonakademik terdapat kuota penerimaan siswa yang masih kosong. Untuk jalur akademik SMA, dari jumlah kuota 91.264, yang mendaftar hanya 73.884. Sedangkan nonakademik, dari 26.834 kuota yang mendaftar cuma 7.656.

Sementara, untuk SMK melalui jalur akademik dari kuota 51.088 yang mendaftar hanya 42.017. Jalur nonakademik, hanya 2.510 yang mendaftar dari kuota yang tersedia 18.303.

“Karena masih banyak kuota yang tersedia, berikut sejumlah alasan penyebab tidak lulusnya siswa, baik oleh karena kelalaian atau kesalahan operator, panitia atau kepala sekolah, maka kita akan melaksanakan PPDB tahap II,” ujar Arsyad akhir pekan lalu.

Kata dia, PPDB Online tahap II akan didahului perubahan Peraturan Gubernur No. 26/2018 sebagai dasar hukum. Direncanakan akan diselenggarakan pada 16 hingga 18 Juli.

Sekolah yang diperkenankan menyelenggarakan PPDB II tergantung rekomendasi Kepala Cabang Dinas Pendidikan di kabupaten/kota. Namun, yang tidak mendapat rekomendasi tidak bisa melakukan PPDB II.

“Siswa yang ikut PPDB harus menunjukkan bukti-bukti kenapa tidak terpilih dalam berita acara,” tegas Arsyad.

Ia menambahkan, khusus untuk Kota Medan, PPDB tahap II tidak akan dilaksanakan mengingat kuota yang ada sudah terpenuhi. (ps)

  • Linkedin
Loading...