Pemuda Harus Kreatif dan Inovatif

Bagikan:
DPD IPK Kabupaten Tapsel dorong kader dan masyarakat bertanam ubi dan tanaman benilai ekonomis lainnya.

TAPSEL – Pemuda dituntut lebih kreatif dan inovatif, dalam mengisi kehidupan, sebagai bagian langkah mewujutkan generasi yang berkualitas. Karena itu, DPD Ikatan Pemuda Karya Kabupaten Tapsel, mulai memberdayakan kader dan masyarakat daerah itu dengan budidaya ubi kayu.

“Kegiatan tanam ubi akan terus di kembangkan di 15 kecamatan yang ada di Tapsel,”kata Ketua IPK Tapsel Zainal Abidin yang didampingi bendahara Abdul Kadir Subarja di Kecamatan Batang Angkola, Minggu (7/1) lalu pada awak media.

Dikatakan, tahap awal telah dilaksanakan penanaman ubi kayu varietas Malaysia di atas lahan seluas dua hektare, di Kapuran, Desa Pal Sabolas, Kecamatan Angkola Timur.

“Ada sekitar 12.500 batang bibit kayu yang sudah kita tanam dengan swadana, diatas lahan dua Ha itu dengan jarak tanam 70 cm dikali satu meter,” ucapnya.

Diungkapkan, tanaman itu berpotensi memproduksi sekitar 100 ton, dengan estimasi hasil sekitar 40 kg/batang dalam masa tanam selama 11 bulan terhitung sejak Januari 2019.

Lantas terangnya, kader di setiap kecamatan harus menggandeng masyarakat dalam hal penyediakan lahan. “Sedang, operasional mulai pematangan lahan, penanaman bibit tentunya melibatkan masyarakat, kita yang menanggung,” terangnya.

Diutarakan, kegiatan itu merupakan bagian dari langkah atau program pemberdayaan kader organisasi, sehingga terbentuk karakter yang kreatif dan inovatif, dalam menyongsong masa depan yang tentunya lebih kompetitif.

“Sekaligus bagian dari mendujung pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. Karena, untungnya juga nanti untuk kader dan masyarakat. Kiranya langkah kader IPK Angkola Timur menjadi motivasi bagi kader lainnya di daerah ini,” ujarnya.

Pihaknya juga akan membudidayakan tanaman Sereh Wangi (Cymbogon Nardus) di daerah itu. (ran)

Bagikan: