Jalinsum Kapuran Berlubang

Bagikan:
Kerusakan Jalinsum Pal XI-Gunungtua (Paluta) tepatnya di Kapuran, rusak parah. (Amran Pohan/Metro Tabagsel)

TAPSEL – Ruas Jalinsum Pal Sabolas-Aek Godang, tepatnya di Kapuran, Desa Pal Sabolas, Kecamatan Angkola Timur, Tapsel, kupak-kapik.

Kerusakan ruas itu, harus menjadi masukan atau PR bagi instansi terkait, tentang buruknya ruas Jalinsum di sejumlah titik, khususnya di Kabupaten Tapsel.

Amatan Metro Tabagsel, kerusakan Jalinsum diwilayah Kabupaten Tapsel, terkesan kurang penanganan. Sebab, jalan berlubang dan mirip kubangan, seolah dibiarkan menebar ancaman di jalanan.

Beberapa kendaraan yang melintas, harus memperlambat laju, agar tidak terperosok kedalam kubangan yang ada di badan jalan.

“Paritnya tak berfungsi, pastilah mempercepat kerusakan jalan ini,” ungkap Zulkarnaen (45) salah seorang pengendara.

Hal serupa juga diutarakan Sarimin (56). Menurutnya, kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Tapsel semakin lengkap saja. Sebab, dari 3 arah Jalan yang ada, semuanya dilengkapi dengan jalan rusak. Seperti Batu Jomba di Sipirok, ditambah lagi Jalinsum di Pargarutan.

Dan beberapa titik lainnya di Angkola Barat dan Batangtoru, serta Jalinsum Kapuran arah Paluta.

“Mudah mudahan, pemerintah lebih memperhatikan kondisi ini. Dan ada penanganan di tahun mendatang,” Is Dongoran (55) pengguna jalan lainnya.

Memang katanya, di Kabupaten Tapsel ada beberapa ruas Jalinsum atau jalan nasional. Diantaranya, ruas jalan lintas tengah, yang menghubungkan Tarutung (Tapanuli Utara) dengan Sipirok hingga Kota Padangsidimpuan.

Selanjutnya, ruas jalan lintas Timur yang juga terkoneksi dari Kota Pinang (Labuhan Batu) Selatan ke Gunungtua (Padanglawas Utara) hingga Pal XI (Tapsel) dan Kota Padangsidimpuan. Dan ada juga ruas jalan lintas barat, yang terkoneksi dari Sibolga, Tapanuli Tengah, Batangtoru (Tapsel) hingga Kota Padangsidimpuan. Namun, ketiga ruas Jalan Nasional ada di daerah Kabupaten Tapsel, masing masing memiliki kerusakan yang butuh perhatian dan penanganan serius. (ran)

Bagikan: