Bupati, Kapolres dan Kajari Tapsel Bersatu Kawal Dana Desa

Bagikan:
Ilustrasi

TAPSEL – Keinginan pemerintah pusat untuk memberdayakan masyarakat desa, demi kesejahteraan didukung penuh oleh Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib dan juga Kajari Tapsel Tiyas Widiyarto.

Hal tersebut disampaikan Bupati Syahrul bersama dengan Kapolres dan Kajari Tapsel dihadapan Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Tapsel di Aula Sarasi Lantai tiga Kantor Bupati Tapanuli Selatan Sipirok, dipenghujung 2018 lalu.

Syahrul menyebutkan, niat baik dan keinginan pemerintah dibawah kepepimpinan Presiden Republik Indonesia Ir. H Joko Widodo, sesuai Nawacita Butir ketiga dan Undang-undang nomor 6 Tahun 2014 melalui Program Dana Desa yaitu dimaksudkan antara lain untuk memberdayakan masyarakat desa dalam meningkatkan kesejahteraan.

Untuk itu Syahrul meminta, seluruh Kepala Desa agar melaksanakan dan melakoni penggunaan Dana Desa dengan baik. Apalagi, hasilnya beberapa tahun ini sudah dirasakan masyarakat dengan baik pula.

“Gunakan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku serta taat azas dan tepat waktu,” tegas Syahrul.

Dikatakan, dalam menyusun program 2019 harus mempedomani RPJMDes, untuk dituangkan pada APBDes dengan melibatkan seluruh Perangkat Desa dan stakeholders lainnya, sehingga terbangun sinergitas yang bermuara pada peningkatan persatuan dan kesatuan di desa, sehingga kesejahteraan segera dapat meningkat.

“Mari kita apresiasi pemerintah yang telah memberdayakan masyarakat dengan langkah-langkah yang sangat strategis, visioner dan cerdas untuk mencapai kesejahteraan utamanya di desa, ” ucap Syahrul.

Hal serupa juga dikatakan Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib. Dan menekankan seluruh Bhabinkamtibmas untuk mengawal perjalanan Dana Desa. Katanya, bhabinkamtibmas merupakan mitra dari Kepala Desa di lapangan dalam meningkatkan perekonomian yang ada di desa.

“Bukan sebagai musuh atau mata-mata di desa. Untuk itu silahkan berdampingan dan bermitra, baik masalah penganggaran di desa maupun pemecahan permasalahan sehingga Bhabinkamtibmas dapat bekerjasama dengan baik untuk Desa yang lebih maju ke depan,” tegas Irwa.

Sementara Kajari Tapsel Tiyas Widiyarto juga berpesan agar mengawal bersama Dana Desa yang merupakan program nasional.

“Saya tidak ingin ada kepala desa yang masuk penjara di Tapsel terkait masalah dana desa. Jangan ciderai prestasi pengelolaan Dana Desa di Tapsel yang sudah mendapat predikat terbaik selama dua tahun ini. Sebab saat ini penggunaan Dana Desa diawasi oleh Kepolisian, Kejaksaan, KPK, BPK dan Inspektorat, ” ucap Tiyas mengakhiri. (ran)

Bagikan: