Menu

Melintas di Tapsel Wajib Tes Urine

  • Linkedin
Amran Poban
Kalolres Tapsel bersama Bupati, Wakil Bupati, Dandim 0212/TS dan pimpinan BNNK menjelaskan tentang tes urin bagi supir angkutan

TAPSEL – Pemkab Tapsel bersama Polres, BNNK Tapsel dan Kodim 0212/TS mewajibkan tes urine bagi seluruh supir angkutan umum yang melintas di daerah itu. Pada hari pertama tes urine dilakukan, seorang sopir L300 salah satu perusahaan angkutan umum positif menggunakan barang terlarang. Seperti halnya yang terlihat di Kapuran, Desa Pal Sabolas, Kecamatan Angkola Timur, Selasa (12/6).

Para supir angkutan menjalani tes urine yang digelar di halaman Kantor Dinas Perhubungan Tapsel. Dan hasilnya, seorang dari 45 yang dites, positif menggunakan barang terlarang.

Kapolres Tapsel AKBP M Iqbal menjelaskan, di hari pertama, seorang dari 45 yang orang sopir yang telah dites oleh tim dari BNNK Tapsel positif memakai barang terlarang (meta anteletamin). Dan setelah dilakukan penggedahan tidak ditemukan barang bukti di dalam mobil, namun yang bersangkutan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan, karena membahayakan nyawa penumpang.

“Sopirnya tak diizinkan lagi melanjutkan perjalanan karena mengancam keselamatan. Jika memang pihak perusahaan memiliki sopir cadangan kita persilakan angkutan itu melanjutkan perjalanan,” terangnya pada awak media.

Amatan Metro Tabagsel, tes urin bagi supir angkutan yang dipimpin Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, Wakil Bupati Aswin Efendi Siregar, Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal, Dandim 0212 Letkol Arm Azhari, dan Kepala BNNK Tapsel AKBP Siti Aminah itu diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang membahayakan keselamatan nyawa penumpang, terutama pada mudik lebaran.

Dikatakan Kapolres, tes urin ini diwajibkan bagi seluruh supir angkutan umum. Bertujuan menghindarkan terjadinya kecelakaan terutama diƬ tengah padatnya arus mudik lebaran.

“Biasanya supir memakai narkoba agar badannya terasa segar dan lancar kejar target cari uang. Tapi karena tindakannya yang terlarang itu, nyawa seluruh penumpang jadi terancam,” ucapnya.

Sementara Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu menjelaskan, di hari raya Idul Fitri tahun ini ada lima Posko PAM Lebaran di wilayahnya. Posko itu berada di lima jalur masuk ke wilayah Tapsel.

Adalah Posko Aek Sijorni di Kecamatan Sayurmatinggi. Posko Palsabolas di Kecamatan Angkola Timur, Posko Aek Latong di Kecamatan Sipirok, Posko Parsariran di Kecamatan Batangtoru dan Posko Danau Siais di Kecamata Angkola Sangkunur.

“Posko diisi minimal oleh 14 petugas per hari. Terdiri dari personil Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP. Selain pengamanan lalulintas, posko berfungsi sebagai tempat istirahat dan perbaikan kendaraan bagi pemudik,” jelasnya. (ran)

  • Linkedin
Loading...