Menu

Musa, Bocah 9 Tahun Hafiz Termuda Indonesia Ramaikan MTQ Nasional XXVII di Medan

  • Linkedin
Bocah 9 tahun hafiz termuda Indonesia meramaikan MTQ Nasional XXVII di Medan.

MEDAN – Musa yang masih berusia 9 tahun terlihat gugup dengan berulang kali ke kamar kecil, sebelum tampil di panggung MTQ Nasional XXVII yang digelar di Asrama Haji, Medan, kemarin.

Bahkan, saat disapa ia menutup wajahnya dengan pecinya. Hal ini mungkin juga Musa malu dengan ramainya orang yang mendekatinya.

Musa yang ditemani sang Ayah La Ode Abu Hanafi atau yang disapa Hanafi mendapatkan nomor urut 242 menjadi peserta termuda.
Penampilan kalifah asal Kepulauan Bangka Belitung ini sangat memukau. Menjelang maghrib ia tampil membacakan 4 soal hafalan secara acak. Mulai dari Surah Al Baqarah, Surah Thaaha, Surah Ash Shaaffaat dan Surah Al Mursalaat.

Menurut sang Ayah Hanafi putranya sudah bisa menghafal Al Quran sejak usia 3 tahun. Meski tak mudah membimbing Musa namun daya tangkapnya sangat cepat sehingga Musa bisa menyambung bacaan Al Quran yang dibacakan sang Ayah yang juga kesehariannya seorang guru ngaji dan berdagang. Sedangkan sang Ibu Yulianti hanya ibu rumah tangga biasa.

“Saya tak menyerah, di atas 3 tahun akhirnya Musa mampu menghafal seperempat halaman dengan metode Talaqi yang saya ajarkan. Alhamdulillah, Musa bisa menghafal 30 juz pada usianya 5 tahun 10 bulan,” katanya di samping putra pertamanya Musa yang malu di wawancarai.

Berbicara persiapan menuju MTQ Nasional menurut sang Ayah, Musa berlatih menghafal bisanya dalam sehari hanya 1 juz namun menjelang perlombaan semakin ditingkatkan menghafal 3 juz setiap harinya.

“Bahkan persiapan kami gak sampai 2 minggu dalam sehari Musa menghafal yang bisanya 1 juz menjadi 3 juz dalam seharinya,” terang Hanafi yang memiliki 5 orang anak yang semuanya menghafal Al Quran.

Ia pun berharap Musa bisa meraih juara dalam MTQ Nasional ke XXVII ini. Namun harapan terbesarnya Musa bisa menjawab seluruh soal hafalan yang diberikan dewan hakim.

Hafiz termuda ini juga pernah telah menorehkan prestasi sejak tahun 2014 dan mengikuti MTQ Nasional pada 2015. Prestasi paling tinggi yakni juara harapan 2 MTQ Nasional di Pondok Gede dan Tarakan. Bahkan Musa juga pernah menjadi salah satu Hafiz Indonesia Cilik yang ditayangkan di televisi swasta. (fir/pojoksumut)

  • Linkedin
Loading...