Menu

Bikin Resah, Buaya 4 Meter Ditangkap

  • Linkedin
Masyarakat begitu antusias melihat buaya dan memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto. (f/ist)

LABURA – Seekor buaya berukuran raksasa yang selama ini meresahkan warga Sibio-bio, Kelurahan Bandar Durian, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labura akhirnya tertangkap, Sabtu siang (11/8).

Selama ini, buaya sepanjang empat meter dengan berat 100 kg lebih dan lebar 30 centimeter (cm) tersebut sering menakuti warga di aliran Sungai Aek Natas, tepatnya di tangkahan Ripin Lingkungan Sibio-bio Kelurahan Bandar Durian Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labura.

“Warga sudah sering memancing buaya tersebut dengan cara dipancing menggunakan tali nilon dan umpan bebek,” kata Jamron Sipahutar (48) dan Juned (37), keduanya warga sekitar.

Penangkapan buaya ini bermula dari ketakutan warga yang mandi dan mencuci di tangkahan tersebut. Sebab, buaya sering menampakkan diri, dan bahkan mengejar warga yang sedang mencuci.

“Memang korban belum ada. Tapi sebelum ada korban, kami sudah berencana mau menangkap buaya itu. Kasihan warga di sini. Sering ketakutan. Khususnya mereka yang pergi mencuci ke sungai itu. Lalu warga memancing buaya hingga ke bibir sungai. Menarik umpan (bebek) perlahan. Lalu diikuti buayanya hingga kepala buaya menyentuh tali nilon yang sudah kami persiapkan. Begitu masuk, kami sebanyak enam orang menariknya langsung ke darat dan menutup matanya,” terang Jamron Sipahutar.Rencananya, buaya tersebut akan diserahkan kepada dinas yang berwenang.

Pantauan wartawan, masyarakat begitu antusias melihat buaya dan memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto. Jelang sore harinya, BKSDA Siantar tiba di lokasi dan mengevakuasi buaya dengan menggunakan mobil pick up, yang rencananya akan membawa ke penangkaran buaya. (st)

  • Linkedin
Loading...