Sudah Dibantu, Wanita 28 Tahun Malah Curi Perhiasan Teman

Bagikan:
Tersangka Jelita br Pasaribu alias Ita diapit dua personel polisi.

MetroTabagsel.com – Jelita br Pasaribu alias Ita, benar-benar tak tahu balas budi. Bukannya berterima kasih kepada temannya, Irmaya Panjaitan yang sudah memberi tumpangan tidur di tempat kosnya Jalan Masjid Gang Keluarga, Desa Purwodadi Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Ita malah mengambil perhiasan dan menggadaikannya.

Namun, aksi wanita berusia 28 tahun ini terbongkar beberapa dan selanjutnya diserahkan ke petugas Polsek Medan Sunggal untuk proses hukum lebih lanjut. Ceritanya, awalnya pelaku diberi tumpangan untuk tidur di tempat kos korban pada hari Minggu tanggal 29 April 2018. Di situ, pelaku menginap selama seminggu lebih hingga tanggal 7 Mei.

Alasannya, pelaku hendak melamar pekerjaan di pabrik tak jauh dari tempat kos korban esok harinya. “Pelaku menginap di tempat kos korban dengan alasan hendak melamar kerja,” ujar Kapolsek Medan Sunggal Kompol Yasir Ahmadi, Minggu, (8/7).

Setelah sebulan berlalu, pada hari Minggu tanggal 17 Juni 2018, korban hendak mengambil perhiasan miliknya dari dalam koper yang terletak di kamar. Namun, alangkah terkejutnya korban lantaran perhiasan miliknya telah hilang.

Korban pun menaruh curiga terhadap pelaku. Akan tetapi, korban mencari terlebih dahulu di rumahnya Jalan Tani Asli Lorong Sepakat, Desa Kampung Lalang, Kecamatan Sunggal.

Setelah memastikan tidak ada, korban lalu menghubungi pelaku dan mempertanyakannya. Namun, pelalu tidak mengaku telah mencuri Ketika dihubungi, kebetulan pelaku kembali menumpang tidur di kamar kos milik korban. Lantas, pada tanggal 20 Juni 2018, korban pergi ke kosnya.

“Saat bertemu, pelaku baru mengakui telah mengambil perhiasan milik korban dan menggadaikannya di kawasan Berastagi, Tanah Karo. Di sana merupakan rumah orang tua pelaku, di Desa Jaranguda Kecamatan Berastagi,” beber mantan Kapolsek Patumbak ini.

Tidak terima kehilangan barang berharga miliknya, korban langsung melaporkan peristiwa tersebut ke Mapolsek Sunggal “Saat itu juga, tim anggota kita langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku karena dikhawatirkan akan melarikan diri,” kata Yasir.

Usai ditangkap, pelaku berikut barang bukti langsung digelandang ke Mapolsek Sunggal untuk diproses sesuai hukum yang berlaku. “Dari pelaku, disita barang bukti lima lembar kwitansi pembelian perhiasan emas dan dua lembar surat bukti gadai emas. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 362 junto pasal 64 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tegasnya. (ps)

Bagikan: