DJOSS Siap Tingkatkan Kepercayaan Investor

Bagikan:
Pasangan Djarot Syaiful Hidayat- Sihar Sitorus pada Debat Publik Ketiga Pilgub Sumut 2018 di Hotel Santika Dyandra, Medan, Selasa malam (19/6).

MetroTabagsel.com – Pasangan calon (Paslon) Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus siap untuk mempermudah perizinan para investor bila dipercaya memimpin Provinsi Sumatera Utara periode 2018-2023 mendatang.

Kemudahan itu juga mempersempit ruang pungutan liar (Pungli) yang menjadi salah satu faktor keengganan para investor melirik Sumut untuk berinvestasi. “Iklim investasi di Sumut sangat dipengaruhi oleh sistem pelayanan perizinan. Kami akan dorong sistem pelayanan izin terpadu. Sehingga tidak ada lagi pungutan-pungutan liar. Mempermudah prosedur dan menciptakan iklim keamanan yang baik,” ungkap Djarot dalam debat publik ketiga Pilgub Sumatera Utara 2018 di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Selasa (19/6) malam.

Hal itu diungkapkan Djarot saat menjawab pertanyaan dari para panelis soal program paslon yang diusung PDI Perjuangan dan PPP itu, yang menyebutkan akan mendorong iklim investasi di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, industri hilirisasi, dan memudahkan regulasi investasi di Sumut.

Didampingi Cawagub Sumut Sihar Sitorus, Djarot menilai, Sumut memiliki potensi yang sangat luar biasa. Dengan posisi yang sangat strategis secara geografis, maka potensi untuk mendatangkan investor dari luar sangat terbuka lebar. Pada sektor perkebunan, pertanian, pertambangan, pariwisata, mulai dari hulu sampai dengan hilir. “Tetapi, perizinan yang harus diperbaiki. Kami sudah mempunyai sistem perizinan terpadu. Untuk bisa memudahkan para investor masuk ke Sumut,” jelasnya.

Katanya, saat ini perlu dibangunnya kepercayaan bagi para investor. Hal ini pula yang akan turut mendorong keamanan sebagai jaminan para investor melirik Sumatera Utara. “Trust (kepercayaan) hanya bisa dibangun apabila pemerintahannya transparan dan partisipasif. Trust hanya bisa dibangun apabila ada teladan dan contoh dari pimpinan yang paling atas,” tegas Djarot.

Sedangkan Sihar Sitorus menambahkan, sumber daya yang dimiliki Sumut saat ini, sangat berpotensi besar dapat dikembangkan dan ditingkatkan lebih baik lagi. “Pasangan Djarot-Sihar akan meningkatkan kepercayaan para investor asing. Kekayaan yang dimiliki Sumatera Utara pada sektor pertanian dan pertambangan harus lebih dikembangkan dari pada saat ini,” pungkas Sihar. (bcl/rel/smg)

Bagikan: