Menu

Ayo Perangi Narkoba!

  • Linkedin
Ilustrasi

MetroTabagsel.com, SIDIMPUAN – Pengungkapan 200 gram sabu dan 200 butir ekstasi oleh Polres Kota Psp terbilang pengungkapan terbesar sepanjang tahun. Namun, sebelum pengungkapan tersebut, jumlah narkoba yang beredar juga terbilang lebih banyak.

Hal itu diakui Kasat Narkoba Polres Kota Psp AKP CJ Panjaitan. Menurutnya, dari pengakuan ketiga pelaku sebelum penangkapan tersebut, sebelumnya sudah ada barang yang masuk dan diedarkan di Padangsidimpuan dengan jumlah yang banyak. Namun, pihaknya baru dapat membongkar jaringan tersebut.

“Kalau barang sudah ada beberapa kali masuk, dan jumlahnya juga cukup banyak. Itu kita dapat dari hasil interogasi dengan pelaku,” jelas Panjaitan yang mengaku menggunakan cara undercover buy untuk mengungkap pelaku, kemarin.

Menurut Mantan Kapolsek Batunadua ini, ketiga pelaku merupakan sindikat peredaran narkoba, karena memiliki peran masing-masing, mulai dari kurir, jaringan pengedar, hingga bandar. Untuk asal barang, salah satu dari pelaku langsung menjemput barang yang diambil dari seseorang di Kota Medan.

“Barang langsung dijemput dan diambil ke Medan, untuk itu kita masih lakukan pengembangan untuk mengungkap jaringannya,” terangnya.

Yang mengejutkan, jika dirupiahkan, jumlah barang yang berhasil disita petugas yaitu 200 gram sabu dan 200 butir ekstasi mencapai Rp220 juta. Hitungannya, harga sabu per gram atau istilah satu jie di pasaran berkisar Rp1 juta, begitu pula dengan ekstasi berkisar Rp100 ribu per butir.

“Kalau dirupiahkan, jumlah barang bukti yang berhasil kami sita mencapai Rp220 juta,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Kota Psp AKBP Andy Nurwandy mengaku terkejut dengan pengungkapan narkoba tersebut. Ia membayangkan, jika barang-barang tersebut diedarkan dan digunakan, berapa banyak generasi bangsa , kaum muda yang akan rusak dan hancur masa depannya.

” Dengan jumlah narkoba sebanyak ini, bayangkan kalau sampai dijual dan beredar, berapa banyak yang akan rusak dan hancur,” ujarnya dan tetap mengimbau kepada warga Kota Padangsidimpuan untuk bersama-sama memerangi dan memberantas Narkoba hingga ke akarnya. (yza/mt)

  • Linkedin
Loading...