Menu

1,5 Ton Bibit Padi Unggul untuk Padangsidimpuan

  • Linkedin
Oryza Pasaribu
Ketua Komisi VII DPR RI, Sekretaris Utama BATAN, pengurus dan anggota DPRD Fraksi Gerindra Psp saat memberikan 1,5 ton bibit padi unggul kepada masyarakat.

SIDIMPUAN – Untuk meningkatkan produktivitas pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan, legislator senayan Gus Irawan Pasaribu menggandeng pihak Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) untuk datang ke Kota Padangsidimpuan. Tujuannya, untuk mensosialisasikan dan membagikan bibit padi unggul kepada masyarakat.

Ketua Komisi VII DPR RI H Gus Irawan Pasaribu mengatakan, Kota Padangsidimpuan memiliki banyak daerah yang bisa dijadikan sebagai sentra lumbung padi. Dan, untuk lebih meningkatkan dan mengembangkannya lagi, dibutuhkan bibit unggul dan cara pengelolaan yang lebih baik.

“Ini yang kali kedua saya bersama BATAN datang kembali ke Kota Padangsidimpuan untuk memberikan bibit padi unggul hasil penelitian BATAN yang dapat digunakan oleh masyarakat petani kita,” ungkap Ketua Partai Gerindra Sumut ini, Rabu (9/5) kemarin di Lapangan Perumahan Pijorkoling, Padangsidimpuan Tenggara.

Pria yang akrab disapa Bang Gus ini mengucapkan terima kasih kepada pihak BATAN yang telah hadir dan banyak memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat di Tabagsel.

“Sebelumnya kita sudah melakukan sosialisasidan membagikan bibit padi unggul kepada masyarakat di Madina, dan untuk Padangsidimpuan ini kedua kali dengan jumlah 300 paket atau sebanyak 1,5 ton setelah sebelumnya juga kita lakukan di daerah Padangsidimpuan Angkola Julu,” sebut pria kelahiran Kampung Marancar (Kamcar) Padangsidimpuan Utara ini.

Bang Gus mengharapkan, dengan pemberian bibit padi unggul tersebut, Kota Padangsidimpuan bisa menjadi salah satu daerah penghasil padi terbesar.

“Saya berharap bagaimana nanti, Kota Padangsidimpuan ini bisa menjadi salah satu daerah penghasil padi terbesar dan punya penangkaran padi yang berkualitas. Dan itu harus kita realisasikan,” harapnya dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membawanya menjadi legislator di senayan (DPR RI).

Sekretari Utama BATAN Falconi Margono menyampaikan, pihaknya sebagai salah satu pemerintahan merupakan mitra kerja DPR RI yang berada di bawah pengawasan Komisi VII DPR RI. Kepada masyarakat Falconi menjelaskan, bibit padi unggul yang mereka berikan merupakan hasil penelitian yang dilakukan pihaknya dan diyakini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya petani.

“Jangan takut, nuklir itu tidak berbahaya jika dikelola dengan baik. Dan hasilnya juga bisa sangat bermanfaat kepada masyarakat banyak,” sebutnya menjelaskan masalah nuklir dan bibit varietes padi unggul hasil penelitian pihaknya.

Nuklir, kata Falconi, juga bisa dimanfaatkan dalam bidang pertanian. Seperti varietes padi ‘Bestari’ yang mereka bagikan, hasilnya bisa jauh lebih baik dari bibit padi yang biasa digunakan masyarakat.

“Selain meningkatkan produktifitas, juga sebagai cara kita untuk mewujudkan ketahanan pangan. Semoga varietes padi yang kami berikan ini bermanfaat dan bisa menghasilkan sesuai dengan yang diharapkan,” pungkasnya. (yza)

  • Linkedin
Loading...