Lokakarya Komite Sekolah se-Kota Padang Sidempuan: Tingkatkan Peran dan Fungsi Komite Sekolah

Bagikan:
Wakil Walikota Ir H Arwin Siregar MM mewakili Walikota Irsan Efendi Nasution SH memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Loka Karya Komite Sekolah se Kota Padang Sidempuan, di Aula MAN 2, Selasa (4/12).

SIDEMPUAN – Jajaran Dinas Pendidikan melaksanakan kegiatan Loka Karya Komite Sekolah se Kota Padang Sidempuan, di Aula MAN 2, Selasa (4/12).

Pelaksanaan Loka Karya ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi Komite Sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang berkarakter di satuan pendidikan masing-masing.

“Agenda ini untuk memperkuat eksistensi Komite Sekolah dalam mengembangkan, dan meningkatkan peran sesuai fungsinya. Komite sekolah ini adalah mitra strategis dari masing- masing Kepala Sekolah didalam mengelola, memanajemen dan meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Ketua Dewan Pendidikan, Drs Muhammad Jusar Nasution.

Jusar sapaan akrabnya menyampaikan Komite Sekolah berfungsi sebagai pengontrol dan pendukung di lingkungan sekolah. Artinya Komite Sekolah berperan penting dalam mendukung pencapaian prestasi dunia pendidikan di tingkat satuan pendidikan (sekolah).

“Berfungsi sebagai pengontrol dan support di dunia pendidikan tingkat sekolah,” paparnya.

Selain itu, Jusar juga menjelaskan persepsi masyarakat terkait kualitas pendidikan di wilayah Tabagsel khususnya Kota Padang Sidempuan masih didominasi sekolah swasta. Sehingga perlu upaya dan dukungan Komite Sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah.

“Tahun ini persepsi sekolah yang berkualitas masih ke swasta. Mari kita bekerjasama, bersatu untuk mewujudkan pendidikan yang berkarakter di wilayah Padang Sidempuan. Dan, kami ingin pastikan agar semua Komite Sekolah menyesuaikan SK nya sesuai dengan regulasi yang ada saat ini,” pungkasnya.

Dikatakan Ketua Dewan Pendidikan, Loka Karya Komite Sekolah se Kota Padang Sidempuan ini akan diisi narasumber dari Dinas Pendidikan langsung, yaitu Kepala Dinas Pendidikan H Muhammad Luthfi Siregar dan Drs H Sahiddin Batubara MPd dengan moderator Dr Hj Raisah Surbakti MPd pada sesi pertama dengan materi Kebijakan Pendidikan Kota Padang Sidempuan.

Kemudian, sesi kedua, pematerinya Ketua Komite SMPN 8 Mohot Lubis SSos dan Ketua Komite SMPN 3 Barita Sahat Pasaribu dengan materi yang disampaikan Curah Pendapat dan Tukar Informasi Pengembangan Peran Komite Sekolah dan moderatornya Ketua APSI Drs H Marwan Harahap .

Setelah Ishoma, lanjut Jusar, sesi ketiga, pemateri berikutnya Drs H Irwan Saleh Dalimunthe MPd dari Dewan Pendidikan dengan materi Menata Kelembagaan dan Peran Komite Sekolah sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 dan Pemerhati Pendidikan Sahattua Sinaga dengan materi yang dipaparkan Issu-issu Pendidikan Masa Depan dengan moderator Rustam Hasibuan SPd.

Sesi keempat, Diskusi Kelompok terkait Peluang dan Tantangan Penguatan Kelembagaan Komite Sekolah (Sebuah Upaya Mengidentifikasi masalah dan alternatif penyelesaian) dengan pemateri Pengurus Dewan Pendidikan Dr Hj Raisah Surbakti MPd dan Drs H Samsuddin Pulungan MAg dan moderatornya Drs H Irwan Saleh MPd.

Hadir saat itu Walikota Psp Irsan Efendi Nasution SH diwakili Wakil Walikota Ir H Arwin Siregar MM, Kepala Dinas Pendidikan H Muhammad Luthfi Siregar MM, Ketua Dewan Pendidikan Drs Muhammad Jusar Nasution, Kacabdis Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, dan Pimpinan Bank Syariah se Kota Padang Sidempuan.

“Saya mengapresiasi dengan digelarnya kegiatan Loka Karya Komite Sekolah yang dilaksanakan pada hari ini yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab pelayanan pendidikan yang bermutu pada Satuan Pendidikan masing-masing,” kata Wakil Walikota Ir H Arwin Siregar MM mewakili Walikota Psp.

Selanjutnya, kata Arwin, Komite Sekolah merupakan Organisasi Mitra Sekolah. Oleh karenanya komite sekolah harus dapat benar-benar mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah.

“Untuk itu, melalui kegiatan Loka Karya ini diharapkan para Komite Sekolah dapat meningkatkan pengetahuan dan keberadaannya di sekolah-sekolah sehingga mereka dapat menjalankan perannya di lapangan sesuai denagn tugas dan fungsinya. Sehingga pada akhirnya Komite Sekolah terus dapat bekerja semaksimal mungkin dan berperan aktif dalam menunjang pendidikan di Kota Padang Sidempuan. (bsl)

Bagikan: