Menu

Enam Desa di Sosa Terendam Banjir

  • Linkedin
Air sungai sosa meluap akibat hujan lebat, berdampak banjir enam desa di Kecamatan Sosa, Rabu (10/10).

PALAS – Hujan deras yang melanda Kabupaten Palas, Selasa (9/10) malam menyebabkan air sungai meluap. Akibatnya, beberapa desa terendam banjir. Kecamatan Sosa, salah satu kecamatan yang berdampak akibat hujan deras beberapa jam itu. Enam desa di kecamatan tersebut terkena imbas banjir merendam perumahan dan perkebunan warga.

Hingga Rabu (10/10) pagi air belum juga surut. Air baru surut sekitar pukul 12.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, hanya perumahan warga yang terkena dampak banjir hingga sepinggang orang dewasa ini mengalami beberapa kerugian materil.

“Ada enam desa, Desa Hapung, Handio, Harang Julu, Parapat, Lumban Huayan, dan Pasar Ujung Batu,” kata Camat Asnan Lubis didampingi Sekcam H Puli Hasibuan kepada Metro Tabagsel.

Sementara Kepala BPBD H M Hamka Harahap didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Ali Aceh Siregar mengaku telah mendapat info banjir tersebut tengah malam saat kejadian. Hingga pagi tetao memantau dan berjaga-jaga akan dampak banjir tersebut.

Meski sudah surut, bantuan berupa logistik kepada warga tetap disalurkan. Tanggap darurat dan bentuk kepedulian ini langsung diterima kepala Desa Pasar Ujung Batu Maralohot Nasution.

“Pak Wakil Bupati juga langsung terjun melihat kondisi. Arahannya kondisi tetap dipantau dan dikondisikan sesuai kebutuhan warga,” tukas Hamka disela menyerahkan bantuan logistik di Pasar Ujung Batu.

Diperkirakan, hujan masih akan melanda Kabupaten Palas. Tenda BPBD sengaja distandbykan untuk berjaga-jaga di Pasar Lombang. Terlebih wilayah sepanjang sungai sosa ini kerap jadi langganan banjir setiap tahunnya.

“Selain kita siaga, warga tetap kita imbau untuk tetap waspada. Karena diperkirakan hujan masih akan turun, bisa jadi akan banjir kembali,” tambah Ali Aceh.

Amatan Metro Tabagsel di lokasi, air memang sudah surut di rumah-rumah warga. Hanya air masih menggenangi perkebunan warga, yang tak jauh dari pinggir sungai Sosa tersebut. (tan)

  • Linkedin
Loading...