Pendampingan Gratis Posbakumadin Jalin MoU dengan PN Sibuhuan

Bagikan:
Posbakumadin cabang Palas jalin kerja sama dengan PN Sibuhuan kelas II beri bantuan hukum gratis terhadap terdakwa.

PALAS – Lembaga Pos bantuan hukum advokat Indonesia (Posbakumadin) cabang Kabupaten Palas menjalin kerja sama dengan Pengadilan Negeri Sibuhuan, Rabu (2/1) minggu lalu.

Perjanjian kerja sama yang di gelar di PN Sibuhuan ini langsung ditandatangani Ketua Posbakumadin cabang Palas Suwandi Siregar SH didampingi ketua Perkumpulan advokat indonesia (PERADIN) Palas Mardan Hanafi Hasibuan yang juga sekretaris Posbakumadin Palas, serta Muhammad Shobirin SH MHum selaku ketua PN Sibuhuan.

Di dalam nota kesepakatan itu, disepakati pendampingan hukum gratis (prodeo) kepada terdakwa yang tidak memiliki penasihat hukum sendiri di persidangan PN Sibuhuan kelas II tersebut. Kedua belah pihak juga sepakat untuk memberi layanan bantuan hukum.

Tentunya dengan ketentuan pendamping merupakan advokat berlisensi yang telah disumpah ketua Pengadilan Tinggi. Dan advokat tersebut juga memiliki lisensi yang terakreditasi dari Kemenkumham.

“Di situ tugas kita mendampingi terdakwa dalam persidangan dengan penetapan penunjukan penasihat hukumnya oleh majelis hakim. Tentunya kita turut membantu hak-hak terdakwa dalam membuat dokumen hukum yang diajukan dalam persidangan. Dan kita akan dampingi terdakwa sampi pembacaan putusan,” kata Mardan Hanafi yang turut diikuti anggota posbakumadin lainnya Ibrahim Husein SH, Pada Mulia Hasibuan SH, Sahrial Pasaribu SH.

Langkah ini juga diharapkan ketua Peradin ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya terdakwa di PN Sibuhuan. Pelayanan bantuan hukum ini setidaknya meringankan bagi terdakwa yang betul-betul membutuhkan bantuan hukum.

“Jangan sungkan untuk berkordinasi dengan kita, pintu kita di jalan Kihajar Dewantara nomor 7 terbuka untuk yang membutuhkan,” tukas Suwandi dan Mardan. (tan)

Bagikan: