Operasi Zebra Toba 2018 240 Pengendara Ditilang

Bagikan:
Kanit Lantas Polsek Padang Bolak Ipda Banik Harahap juga memberikan edukasi penggunaan helm saat menggelar operasi Zebra Toba 2018. (Asmar Siregar/Metro Tabagsel)

MetroTabagsel.com – Selama 7 hari menggelar Operasi Zebra Toba Tahun 2018 di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yakni sejak tanggal 30 Oktober hingga 6 November 2018, jajaran Unit Lantas Padang Bolak menindak 240 pengendara roda dua dan roda empat.

“Sampai saat ini sudah 240 pengendara yang ditilang selama operasi Zebra digelar yakni sejak tanggal 30 Oktober hingga 6 September 2018,” ujar Kanit Lantas Polsek Padang Bolak, Ipda Banik Harahap, Rabu (7/11) siang.

Dijelaskan Ipda Banik, operasi Zebra Toba tahun 2018 ini dijadwalkan akan berlangsung selama 14 hari sampai tanggal 12 November 2018 mendatang.

Pengendara yang ditindak selama operasi berlangsung di antaranya pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm dan pengendara roda empat yang ditindak karena tidak memakai safety belt.

“Pengendara yang ditilang didominasi oleh yang tidak memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pengendara roda empat tidak memakai sabuk pengaman,” jelasnya.

Di samping melakukan tindakan terhadap pengendara, pelaksanaan operasi zebra juga memberikan edukasi tentang penggunaan helm SNI yang benar dengan klik satu kali.

Ketika disinggung apakah ada kejadian kecelakaan selama operasi zebra Toba berlangsung, Kanit Ipda Banik Harahap mengatakan, telah terjadi kecelakaan satu truk mengalami rem blong menabrak pengendara sepeda motor dan menyeruduk rumah warga di Desa Huta Lombang beberapa waktu lalu.

Adapun titik lokasi operasi Zebra yang digelar diutamakan ditempat yang dianggap rawan pelanggaran. (ais)

Bagikan: