Jaga Sikap Netralitas

Bagikan:
Ketua KPU Paluta Ongku Syah Harahap

PALUTA – Mendekati Pemilu 2019, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Ongku Syah Harahap SE mengimbau kepada seluruh penyelenggara di tubuh internal KPU Paluta agar menjaga sikap netralitasnya di tengah-tengah masyarakat.

Imbauan tersebut juga ditujukannya kepada seluruh penyelenggara Pemilu 2019 di tingkatan internal KPU Paluta mulai dari PPK, PPS hingga kepada para komisioner KPU Paluta.

Ongku mengatakan, hal ini sangat penting disampaikan demi menghindari timbulnya prasangka negatif atau kecurigaan masyarakat terhadap petugas penyelenggara pemilu di tubuh internal KPU Paluta.

“Terutama saat berada di warung kopi agar pandai-pandai menempatkan diri, kalau bisa bagi penyelenggara pemilu di KPU Paluta dikurangilah ke warung kopi, karena di daerah kita ini kan warung kopi identik sebagai salah satu lokasi yang sering di lakukan para caleg untuk mensosialisasikan diri dengan pemilih,” kata Ketua KPU Paluta Ongku Syah Harahap SE, Jumat (4/1).

Ia menyebut, hal ini juga sempat diutarakannya saat memberikan arahan saat pelantikan 24 anggota PPK tambahan yang baru, Rabu (2/1) lalu.

Dikatakannya, terlebih menjelang Pemilu 2019 sangat rawan potensi terjadinya pelanggaran kode etik, kedepan pada setiap kegiatan dirinya akan terus menekankan dan mengingatkan seluruh komposisi penyelenggara di internal KPU Paluta untuk selalu menjaga sikap netralitasnya.

“Perlu saya sampaikan juga bahwa imbauan ini adalah aturan internal KPU dan tertuang pada kode etik PKPU yang bertujuan mencegah terjadinya pelanggaran kode etik bagi penyelenggara pemilu di tubuh KPU,” tegasnya.

Perlu diketahui, bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melantik 24 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) tambahan dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten Paluta. Pelantikan dilakukan di pelataran kantor KPU Paluta, Senin (2/1).

Pelantikan yang dipimpin oleh ketua KPU Paluta Ongku Syah Harahap SE dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Paluta, Bawaslu Paluta, ketua dan sekretaris PPK se-kabupaten Paluta, seluruh PPK tambahan yang akan dilantik beserta undangan lainnya. Pelantikan ini sesuai dengan putusan MK nomor 31/PUU-XVI/2018 tentang proses penambahan jumlah PPK minimal 5 orang. (ais)

Bagikan: