KPU Paluta Lantik 24 Anggota PPK Tambahan

Bagikan:

PALUTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melantik 24 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) tambahan dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten Paluta. Pelantikan dilakukan di pelataran kantor KPU Paluta, Senin (2/1).

Pelantikan yang dipimpin oleh ketua KPU Paluta Ongku Syah Harahap SE dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Paluta, Bawaslu Paluta, ketua dan sekretaris PPK se-kabupaten Paluta, seluruh PPK tambahan yang akan dilantik beserta undangan lainnya.

Ketua KPU Paluta Ongku Syah Harahap SE menyampaikan bahwa anggota PPK yang dilantik ini adalah tambahan yang direkrut sesuai dengan putusan MK nomor 31/PUU-XVI/2018 tentang proses penambahan jumlah PPK minimal 5 orang.

Diharapkannya, anggota PPK tambahan yang dilantik ini nantinya dapat bekerja dengan baik dan penuh integritas sesuai dengan asas Pemilu demi terlaksananya Pemilu 2019 yang berdaulat. “Bekerjalah dengan jujur, adil dan penuh integritas. Karena PPK mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar pada pemilihan umum tahun 2019 ini,” harapnya.

Ongku menambahkan, anggota PPK yang baru dilantik ini diharapkan dapat berkoordinasi dan bekerjasama dengan anggota PPK yang lama serta pihak terkait lainnya dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

Terpisah, koordinator divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas M Nafsir Rambe SPd menyampaikan bahwa anggota PPK yang dilantik ini merupakan tambahan yang direkrut sebelumnya masing-masing 2 orang pada setiap kecamatan dari 12 kecamatan se kabupaten Paluta pasca putusan MK nomor 31/PUU-XVI/2018 tentang proses penambahan jumlah PPK minimal 5 orang.

Nafsir menyebutkan, pihaknya tidak melakukan perekrutan PPK tambahan secara terbuka dan hanya memanggil anggota PPK yang lulus cadangan pada seleksi pertama. Terhadap mereka dilakukan verifikasi dan evaluasi berkas untuk mengambil 2 orang anggita PPK tambahan dan sisanya sebagai cadangan.

Lanjutnya, pelantikan PPK tambahan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada hari ini. “Ada 24 orang anggota PPK tambahan yang dilantik yang masing-masing 2 orang setiap kecamatan dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten Paluta. Dan sebelumnya sudah dilakukan perekrutan berupa evaluasi terhadap anggota PPK yang lulus sebagai cadangan pada seleksi pertama,” jelasnya.

Kemudian, tugas dan beban penyelenggara Pemilu saat ini cukup berat dengan dilaksanakannya Pileg dan Pilpres secara serentak pada 17 April 2019 mendatang. Untuk itu, diharapkan kepada seluruh PPK agar dapat meningkatkan kinerjanya dengan baik dalam upaya pelaksanaan Pemilu 2019 yang berdaulat khususnya di kabupaten Paluta.

Pelantikan anggota PPK tambahan ditandai dengan pengambilan sumpah dan penandatanganan fakta integritas serta penyerahan SK kepada seluruh PPK yang dilantik. (ais)

Bagikan: