Perjuangkan Pemekaran Sumatera Tenggara!

Bagikan:
Drs H Bachrum Harahap dan Bupati Paluta tampak bersalaman.

PALUTA – Tokoh Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang juga mantan bupati Paluta priode 2008-2018 Drs H Bachrum Harahap berharap Provinsi Sumatera Tenggara segera terbentuk.

Pria yang dulunya pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Tapsel ini berharap Provinsi Sumatera Tenggara segera terbentuk berdasarkan faktor peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan. “Sudah sepantasnya Provinsi Sumatera Tenggara segera terwujud demi menciptakan kesejahteraan dan percepatan pembangunan di Tabagsel yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kota tersebut,” kata politisi senior Partai Golkar itu saat memberikan kata sambutan pada acara sertijab Bupati dan wakil bupati Paluta, baru-baru ini.

Mantan Bupati Padang Lawas Utara asli putra Padang Bolak ini juga berharap pemerintahan Joko Widodo memperhatikan hal tersebut. Bayangkan saja perjalanan dari Kota Medan ke Mandailing Natal, Medan ke Kota Padangsidimpuan, dan Medan ke Gunung Tua di Kabupaten Paluta jaraknya darat yang begitu jauh. Sehingga tujuan pemekaran adalah untuk memajukan suatu daerah dari ketertinggalan. “Saya pesankan kepada Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap dan Wakil Bupati Hariro Harahap ke depan dapat mewujudkan hal tersebut dengan bekerja sama dan keterlibatan kepala daerah se-Tabagsel,” ujarnya.

Sementara itu, warga Kabupaten Padang Lawas Utara Aman Sudirman Harahap mendukung sepenuhnya pemekaran daerah eks Tabagsel menjadi satu provinsi yakni Provinsi Sumatera Tenggara.

Sepengetahuannya, proses pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara sudah bergulir kurang lebih selama sepuluh tahun, artinya pengusulan pemekaran daerah otomi baru di Tabagsel sudah cukup lama dan wajar untuk segera direalisasikan pemerintahan Jokowi melalui perwakilan masyarakat Tabagsel di DPR RI. “Wacana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara sudah bergulir sejak kepimimpinan Bachrum Harahap karena itulah kita sangat mengapresiasi dan berharap kepada lima kepala daerah se-Tabagsel jika ini untuk kompak dan berjuang demi pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara agar kami sebagai masyarakat semakin sejatera,” pungkasnya. (ais)

Bagikan: