Menu

Selamatkan Remaja dari Pergaulan Bebas

  • Linkedin
Dinas PPKB dan P3A menggelar sosialisasi penanggulangan pergaulan bebas bagi remaja di Aula Kantor Dinas PPKB dan P3A Paluta.

PALUTA – Selain peran orangtua dan guru, kesadaran dan peranan remaja sangat penting untuk membentengi anak-anak dan remaja supaya tidak terjerumus dalam kenakalan remaja, narkoba dan pergaulan bebas.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan P3A) Paluta Drs Hakimuddin Siregar mengatakan hal itu, Senin (9/7) pada sosialisasi penanggulangan pergaulan bebas bagi remaja di Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Semua pihak harus gencar dan bekerjasama menyelamatkan remaja dari bahaya pergaulan bebas. Tidak serta merta hanya peranan orangtua dan guru, tapi kita harus bersatu untuk melakukan perbaikan,” ujarnya di aula Kantor Dinas PPKB dan P3A Paluta.

Katanya, dengan adanya upaya tersebut maka peran orangtua dan guru-guru sangat penting agar masalah tidak muncul dan kepada generasi muda Paluta agar nantinya menjadi garda terdepan serta pelopor untuk penanggulangan pergaulan bebas khususnya dikalangan remaja di kabupaten Paluta.

Senada, Kabid PP dan PA Sahara SP menjelaskan upaya pemerintah untuk menanggulangi kenakalan remaja yakni dengan memanfaatkan serta menjadikan forum anak di Paluta menjadi garda terdepan untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya pergaulan bebas bagi remaja di kabupaten Paluta dalam upaya mewujudkan pembangunan yang peduli terhadap remaja.

Karena itu, ia berharap agar kalangan remaja dari forum anak kabupaten Paluta dapat memahami dan memberikan contoh serta pemahaman kepada remaja lainnya untuk menghindari pergaulan bebas demi terwujudnya generasi yang sehat dan berkualitas khususnya di Kabupaten Paluta.

Tambahnya, adapun bahaya dan akibat dari pergaulan bebas bagi kalangan remaja, di antaranya seks bebas yang mengakibatkan pernikahan dini, terpengaruh narkoba dan obat terlarang, terinfeksi oleh penyakit sepeti AIDS/HIV serta kondisi hidup dan prestasi sekolah yang akan menurun dan berantakan. (ais)

  • Linkedin
Loading...