Menu

Longsor Tutupi Badan Jalan Desa Purba Tua… 13 Desa Terisolir

  • Linkedin
Longsor dan pohon tumbang menutupi badan jalan di Desa Purba Tua, tepatnya daerah Tor Palas. Akibatnya, 13 desa di sekitarnya terisolir.

PALUTA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Padang Lawas Utara (Paluta) mengakibatkan sejumlah badan jalan ditutupi longsor. Salah satunya adalah jalan menuju Desa Purba Tua, Kecamatan Padang Bolak, tepatnya di Tor Palas.

Akibat longsor besar yang terjadi di Desa Purba Tua mengakibatkan 13 desa di sekitarnya terisolir dan masyarakatnya tidak bisa keluar dari desa.

Wakil Ketua DPRD Paluta, Basri Harahap yang terjun ke lokasi titik longsor mengatakan, kejadiannya pada Minggu (13/5) dinihari. Hujan deras yang mengguyur wilayah Paluta mengakibatkan sejumlah titik jalan ditimbun tanah longsor dan pohon tumbang.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Paluta bersama Dinas PU untuk membersihkan tanah dan pohon tumbang yang menutupi bahu jalan desa tersebut. Agar 13 desa yang berada di sekitarnya tidak terisolir dan masyarakatnya bisa keluar daerah,” kata Basri.

Sementara Tajuddin Hasibuan, salah seorang warga sekitar mengaku masih berada di ladangnya dan belum bisa pulang ke rumah akibat terhalang jalan longsor.

“Saya harus tidur diladang dan tidak bisa keluar untuk pulang ke rumah akibat jalan tertimbun longsor. Begitu juga masyarakat di daerah ini tidak bisa mengantar hasil tani keluar daerah akibat jalan timbunan longsor,” sebutnya.

Terpisah, Plt Kepala BPBD Pauta Ridwan Efendi Daulay SSTP melalui Kabid Anuar Siregar mengatakan, pihaknya sudah berada di lokasi longsor untuk membersihkan pohon yang menutupi bahu jalan.

“Untuk mengeruk atau membersihkan badan jalan, membutuhkan bantuan alat berat dari Dinas PU,” pungkasnya sembari mengaku akibat hujan deras yang terus melanda wilayah Paluta mengakibatkan sejumlah jalan desa ditutupi longsor dan banjir dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. (ais)

  • Linkedin
Loading...