Menu

Andar Harahap Kunjungi Tano Bonapasogit, Sialang

  • Linkedin
Asmar Siregar
Andar Harahap dan Hariro Harahap duduk bersama dengan tokoh masyarakat Desa Sialang Patuan Nalumbang Harahap.

MetroTabagsel.com, PALUTA – Calon Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP Msi mengunjungi kampung halaman dan tanah kelahiran leluhurnya dalam memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW di Desa Sialang, Kecamatan Padang Bolak Julu, Minggu (22/4).

Dalam kunjungan ke tano Bona Pasogit itu, Andar Harahap di dampingi Calon Wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap SE Msi, tim pemenangan An-Har Paluta serta sejumlah anggota DPRD Palutadan pimpinan partai.

Isra Mikraj diselenggarakan oleh tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dari tujuh desa yakni Desa Sialang, Desa Hasambi, Paran Nakka, Pancur Pakko, Sitanggoru, Siunggam Dolok dan Desa Batu Rancang.

Pantauan Metro Tabagsel saat berada di Desa Sialang, pasangan Andar-Hariro disambut dengan pemberian ulos dan terdengar lantunan lagu daerah ‘Ho amang Andar, Ho ibarat mata air namanorangi hagolapan’ yang dibawakan oleh grup Nasyid desa setempat.

Acara juga diisi dengan ceramah keagamaan yang di sampaikan Al Ustadz Hasanuddin Siregar yang menceritakan kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW dan pesan-pesan dalam menyambut bulan suci Ramadhan serta tak lupa ceramah tentang memilih pemimpin dalam agama Islam.

Tokoh masyarakat Patuan Nalumbang Harahap dalam kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada Andar Amin Harahap bersama rombongan. “Selamat datang di kampung halamanmu ini. Kami sangat bahagia melihat kehadiranmu di acara ini,” katanya.

Tambahnya, masyarakat juga menyampaikan harapan kepada Andar-Hariro jika terpilih menjadi Bupati dan wakil Bupati Paluta nantinya agar memperhatikan pembangunan jalan menuju Desa Sialang dan sekitarnya.

Anggota DPRD Paluta Gusman Efendi Siregar sekaligus Tim An-Har Paluta dalam sambutannya menyampaikan dengan terselenggaranya acara peringatan Israj Mikraj tersebut dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Di samping itu, Gusman juga menyinggung masalah pembangunan infrastruktur ke depan di Desa Sialang dan sekitarnya.

Pembangunan di daerah ini akan terus diperjuangakan dan agar terus dilanjutkan, utamanya lanjutan pembangunan jalan.

“Selama masa kepemimpinan Bupati Paluta Bachrum Harahap, hampir 70 persen pembangunan infrasrtruktur sudah diperbaiki dan di bangunkan, khususnya pembangunan infrastruktur jalan. Hal inilah yang akan dilanjutkan dan ditingkatkan,” ungkapnya.

Usai peringatan Isra Mikraj, acara dilanjutkan dengan dialog kekeluargaan dan prosesi mangupa kepada pasangan Andar-Hariro. Tujuan mangupa tak lain untuk memberikan doa dan dukungan penuh kepada pasangan Andar-Hariro pada Pilkada 27 Juni nanti.

“Terima kasih atas sambutan ini. Saya terharu dan sudah menginjak kan kaki di kampung halaman ini. Sekali lagi terima kasih atas dukungan dari seluruh koum kerabat,” ujar Andar.

Terkait aspirasi dari masyarakat yang menginginkan perbaikan jalan, tentunya hal itu akan di realisasikan secara bertahap. Begitu juga dengan aspirasi lainnya akan bersama-sama dipenuhi dengan penuh rasa tanggungjawab.

“Pembangunan baik itu sarana infrastruktur jalan dan jembatan akan lebih di tingkatkan lagi. Begitu juga dengan pendidikan dan kesehatan akan menjadi prioritas utama sesuai visi misi Melanjutkan Pembangunan Kabupaten Paluta yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat,” tutupnya.

Ini Harapan Masyarakat kepada Andar-Hariro

Andar Amin Harahap SSTP Msi-H Hariro Harahap SE Msi merupakan calon tunggal di Pilkada Paluta 2018 yang akan berlangsung pada 27 Juni nanti. Berbagai harapan terlontar dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat, baik itu petani, pedagang, pengusaha, pemuda, mahasiswa, santri dan bahkan para ulama.

Harapannya, pasangan Andar-Hariro mampu membawa kemajuan bagi Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) untuk lima tahun mendatang.

Seperti yang terlontar dari Ketua kelompok tani Bersama Tiga Padang Bolak Julu Maraganti Siregar didampingi Parurean Siregar. Dalam penyampaiannya ia mengatakan bahwa selama ini para petani khususnya di Kecamatan Padang Bolak Julu mengeluhkan ketersediaan air untuk mengairi sawah mereka yang menjadi sumber penghidupan masyarakat petani.

“Di daerah kami ini sangat banyak hasil bumi terutama padi sawah. Tapi yang jadi kendala utama kami adalah masalah pengairan sawah yang sangat terbatas sehingga hasil panen masyarakat kurang memadai,” ujarnya.

Oleh karena itu, mewakili masyarakat petani berharap agar nantinya dapat memperhatikan kondisi pertanian terkait hal-hal yang dibutuhkan petani agar pertanian dapat berkembang dan swasembada pangan di Paluta dapat tercapai.

“Kami petani siap untuk mendukung Andar-Hariro karena kami yakin pasangan Andar-Hariro mampu dan akan memperhatikan serta memajukan kami masyarakat petani ini agar lebih sejahtera,” katanya sembari menegaskan bahwa Andar-Hariro merupakan pilihan tepat untuk masyarakat petani.

Harapan lainnya juga datang dari masyarakat Kecamatan Dolok. Masyarakat dari Desa Parmeraan dan Batu Runding mengeluhkan kondisi ruas jalan yang sudah rusak dan menitipkan harapan besar mereka kepada pasangan Andar- Hariro untuk perbaikan akses jalan jika sudah terpilih menjadi Bupati Paluta nantinya mengingat wilayah Kecamatan Dolok sudah sangat lama menjadi daerah yang tertinggal.

“Kami menitipkan harapan kepada pasangan Andar-Hariro agar nantinya lebih memperhatikan Kecamatan Dolok jika sudah jadi Bupati,” kata Pimpinan Ponpes Darussalam Parmeraan KH Abdul Efendi Ritonga BA.

Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Halongonan Timur H Pangadilan Harahap gelar Patuan Halongonan Harahap siap memenangkan pasangan Andar-Hariro di Pilkada Paluta 2018. Alasannya disebabkan, visi misi dari pasangan Andar-Hariro untuk melanjutkan Pembangunan di Paluta Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat sama hal nya dengan visi misi Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap selama 10 tahun yang terbukti telah membawa Paluta lebih maju.

“Di Kecamatan Halongonan dan Halongonan Timur, pembangunan sudah terbukti hasilnya dan pasangan Andar-Hariro dengan komitmen nya siap melanjutkan visi misi Bupati Bachrum Harahap wajib dan harus kita dukung bersama,” katanya.

Dalam berbagai kesempatan, Calon Bupati Andar Amin Harahap SSTP Msi-H Hariro Harahap selalu menyatakan komitmennya untuk memajukan daerah Paluta. Dihadapan masyarakat ia mengatakan akan memperjuangkan kemajuan Paluta jika memang diberi amanah dan kepercayaan untuk menjadi pemimpin di Paluta.

Andar juga mengaku siap memajukan Paluta di segala sektor termasuk salah satunya sektor pertanian yang akan menjadi salah satu prioritas utama mengingat sektor pertanian adalah salah satu bidang yang menjadi sumber penghidupan masyarakat dan memiliki potensi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Paluta. Begitu juga dengan pembangunan bagi daerah terpencil juga adalah cita-citanya sehingga ia pun pulang kampung dan mencalonkan diri maju di Pilkada Paluta sebagai calon bupati yang berpasangan dengan H Hariro Harahap.

“Sebagai putra daerah saya merasa terpanggil untuk melanjutkan pembangunan di Paluta. Apa yang di canangkan bupati Drs H Bachrum Harahap sudah baik. Hal yang baik inilah yang akan kita lanjutkan. Untuk itu Saya meminta doa dan restu serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Paluta pada Pilkada 27 Juni dan nantinya bisa bersama-sama membangun dan memajukan daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya. (ais)

  • Linkedin
Loading...