Menu

Pendaftaran Cuma Lewat SSCN

  • Linkedin
Ilustrasi

MetroTabagsel.com – Rekrutmen CPNS 2018 akan berbeda dengan tahun lalu. Bila sebelumnya menggunakan sistem pendaftaran online Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan kementerian/lembaga (K/L) penyelengga, kini diubah.

Menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, tahun ini sistem pendaftarannya satu pintu, yaitu melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Jadi seluruh pendaftar tidak lagi mendaftar di website K/L lainnya.

“Kenapa diubah, karena tahun lalu banyak nama pesertanya ganda sehingga data Panselnas dan K/L berbeda,” kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana yang juga ketua Panselnas CPNS 2018 kepada JPNN, Kamis (22/3).

Temuan lainnya adalah, para pelamar bisa mendaftar dan mengikuti proses seleksi di beberapa instansi.

Alhasil, instansi yang membutuhkan calon PNS harus mengikhlaskan CPNS-nya. Karena si CPNS-nya memilih K/L yang dianggap strategis.

“Tahun lalu sistemnya masih memungkinkan seperti itu. Inikan merugikan K/L karena setiap rekrutmen CPNS kan ada biaya yang harus dikeluarkan negara. Ini yang kami cegah,” terang Bima.

Walaupun nanti lewat satu pintu, Bima optimistis Sistem Selekai CPNS Nasional (SSCN) BKN bisa meng-handle jutaan pelamar. Apalagi masa pendaftaran masing-masing K/L berbeda-beda.

“Setiap tahun kan selalu ada perubahan SSCN. Insyaallah aman-aman saja,” tandasnya. (esy/jpnn)

  • Linkedin
Loading...