Pangeran Terkaya Saudi Alwaleed Dibebaskan

Bagikan:
Alwaleed bin Talal

MetroTabagsel.com – Salah satu Pangeran Kerajaan Arab Saudi terkemuka, Pangeran Alwaleed bin Talal telah dibebaskan setelah lebih dari dua bulan ditahan atas tuduhan korupsi.

Pangeran Alwaleed ditangkap bersama puluhan anggota keluarga Kerajaan Saudi lainnya, menteri, dan pengusaha papan atas oleh Komite Antikorupsi yang dipimpin oleh Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Pangeran Alwaleed tiba di kediamannya di Riyadh pada hari Sabtu, (27/1). “Tidak ada biaya, hanya ada beberapa diskusi antara saya dan pemerintah,” kata pangeran berusia 62 tahun tersebut dalam sebuah wawancara di televisi seperti dilansir Al Jazeera, Minggu, (28/1).

Pangeran Alwaleed mengatakan, ia terus mempertahankan diri kalau ia tidak terlibat dalam korupsi. Ia memperkirakan akan tetap memegang kendali penuh atas perusahaan investasi globalnya, tanpa harus menyerahkan aset kepada pemerintah.

Sebelumnya seorang pejabat Saudi mengatakan, tuduhan terhadap pangeran tersebut adalah pencucian uang, penyuapan, dan pemerasan terhadap pejabat. Pejabat yang tidak mau disebutkan namanya tersebut juga mengatakan, pihak berwenang Saudi meminta para tahanan untuk menyerahkan aset dan uang tunai sebagai ganti kebebasan mereka.

Pangeran Alwaleed merupakan salah satu pangeran terkaya yang memiliki kekayaan yang diperkirakan oleh majalah Forbes USD 17 milyar. Dia adalah pengendali perusahaan investasi Kingdom Holding yang mempunyai saham di Twitter, Apple, Motorola, dan perusahaan ternama lainnya.

Dia juga berinvestasi di hotel-hotel top di seluruh dunia, termasuk George V di Paris dan Plaza di New York City. Dia mengatakan, ia berencana untuk tinggal di kerajaan setelah dibebaskan.

Hingga saat ini belum ada komentar dari Pemerintah Saudi terkait pembebasan pangeran milyarder ini. (iml/JPC)

Bagikan: