Mungupas Duren Si Raja Buah

Bagikan:
Ilustrasi

Duren, siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Apalagi sebulan terakhir, hampir seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan membicarakan buah yang satu ini.

Oleh; MUHAMMAD IRSAN SIREGAR

Duren buah yang memang lezat dimakan ini telah menghipnotis sebagian besar kalangan masyarakat, khusnya di daerah Tapanuli Selatan dan Padangsidimpuan. Mulai dari hanya sekedar menyicipi hingga kecanduan makan duren, membuat buah duren telah menjadi buah primadona yang menghiasi jejeran jalan di kota dan perkampungan Tapanuli selatan dan Padangsidimpuan.

Tidaklah berlebihan jika sebagian besar masyarakat menyukai buah duren. Selain menikmati daging buahnya yang legit, rasa manis si buah duren ini membuat banyak orang ketagihan. Tetapi, bagi mereka yang tak suka akan buah duren, aromanya yang menyengat saja sudah membuat mereka pusing kepala.

Musim buah duren ini pun membawa rahmat bagi para petani yang memiliki satu atau dua pokok duren. Pohon duren yang rimbun dengan buahnya yang bergelantungan di atas pohon banyak dijumpai di kebun-kebun masyarakat. Hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki sentra-sentra kebun duren masyarakat. Merekalah yang memasok buah duren di Kota Padangsidimpuan, bahkan sampai keluar kota.

Meski setiap hari makan duren, ternyata banyak diantara masyarakat yang tidak begitu mengenal kanduangan gizi buah yang satu ini. Padahal selain rasanya yang sangat lezat dan aromanya yang harum, ternyata buah duren merupakan salah satu makanan sehat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bayangkan saja dalam 100 gram duren terkandung 147 Kkal. Itu artinya ketika seseorang makan 1kg duren, jumlah kalori yang ia dapatkan 1.470 Kkal atau sudah sebanding dengan porsi makannya selama satu hari.

Duren juga banyak mengandung gula meski ada kandung mangan yang biasa menjaga kadar gula tetap stabil. Bagi ibu hamil, duren diyakini tidak baik karena mengandung banyak gula dan sedikit alkohol.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa duren memicu kontraksi dan kekeguguran, namun ibu hamil dan penderita diabetes selalu dianjurkan untuk tidak terlalu banyak makan buah duren karena sifatnya panas. Gangguan pencernaan juga bisa terjadi jika duren dikonsumsi bersama dengan minuman beralkohol, karena sulfur pada duren bisa menghambat metabolisme alkohol dan bisa memicu kematian.

Banyak orang mengatakan kalau duren berbahaya, karena kandungan buah ini dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Namun, beruntunglah mereka yang menggemari dan tidak berpantang makan buah yang satu ini. Sebab duren sangatlah bergizi. Buah ini mengandung vitamin B, C, E dan zat besi.

Tidak hanya pada daging buahnya, tetapi juga pada kulit dan daunnya. Namun tidak banyak orang mengetahuinya, bahkan kadangkala mereka menganggap duren adalah buah yang dapat menyebabkan penyakit.

Pendapat mereka itu tidak sepenuhnya salah, karena makan buah duren memang dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu kadar kolesterol dalam duren juga cukup tinggi.

Duren bisa menjadi makanan sehat yang baik untuk tubuh jika dimakan tanpa berlebihan. Di dalam daging duren terkandung banyak sekali zat gizi, di antaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), asam folat, magnesium (Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin.

Duren juga mengandung gula yang cukup banyak serta sifatnya panas, sehingga penderita diabetes dan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi duren.

Fosfor dan zat besi yang terdapat dalam duren ternyata 10 kali lebih banyak dari pada buah pisang. Kandungan gizi tiap 100 gram buah duren adalah 67 gram air, 2,5 gram lemak, 28,3 gram karbohidrat, 1,4 gram serat  2,5 gram protein, dan menghasilkan energi sebesar kurang lebih 520 kJ.

Banyak kegunaan duren untuk kesehatan, selain mengandung vitamin-vitamin di atas, kegunaan lain duren adalah: Pertama, Ekstrak kulit dan buah dapat digunakan untuk mengobati bengkak dan penyakit kulit.

Kedua, Duren mengandung banyak asam amino triptofan, yang gunanya untuk mengurangi rasa gelisah, depresi dan mengobati insomnia. Ketiga, Makan Duren juga menimbulkan rasa bahagia karena buah ini meningkatkan kadar serotonin dalam otak.

Keempat, Dapat mengatasi anemia karena Duren kaya akan asam folat dan zat besi. Kelima, Dapat mengatasi sembelit karena Duren banyak mengandung serat. Selain itu kulit Duren yang dilumatkan dan dioleskan ke perut dapat memudahkan buang air besar.

Keenam, Menghambat penuaan dini karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan. Ketujuh, Meningkatkan tekanan darah yang rendah karena mengandung zat besi dan sifatnya yang panas.

Kedelapan, Baik untuk kesehatan tulang dan persendian karena mengandung kalsium, potasium, dan berbagai vitamin B. Kesembilan, Kandungan mangaan dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Kesepuluh, Kulit Duren yang dibakar lalu dijadikan abu, airnya dapat melancarkan haid, tetapi juga bersifat abortif.

Meski punya banyak fungsi, bukan berarti kita harus mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang berlebih. Semua ada takarannya. Wanita hamil dan orang yang menderita hipertensi tidak dianjurkan untuk makan duren. Sebenarnya mengonsumsi 100 gram duren pun sudah cukup. Sebab dalam 100 gram itu saja sudah relatif banyak gizi yang kita peroleh. Namun yang pasti semuanya tergantung dengan kita, mau sehat dengan duren atau sebaliknya sakit karena duren. (*)

Penulis adalah tenaga pendidik Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid Tapanuli Selatan

Bagikan: