Herman Harahap Dakwah dan Jihad

Bagikan:
Herman Harahap

MetroTabagsel.com – Herman Harahap tercatat sebagai Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan. Dulu, ia menyelesaikan pendidikan di SD Negeri Hutatunggal, MTs YPKS Padangsidimpuan, MAN 1 Padangsidimpuan.

“Apapun kegiatan yang saya ikuti selalu belajar kepada yang sudah berhasil, berlatih secara berkesinambungan, selalu berdoa kepada Allah SWT senantiasa dimudahkan, restu orangtua dan para ulama. Di samping itu saya membaca berbagai literasi sebagai modal awal untuk mengikuti lomba,” ucap Herman saat diwawancarai Metro Tabagsel.

Herman dikaruniai public speaking yang baik sehingga selama sekolah dan memasuki bangku kuliah juga ikut dalam berbagai kegiatan. Pernah menjadi Ketua Sadar Baca MAN 1 Padangsidimpuan 2011, Ketua OSIS MAN 1 Padangsidimpuan 2011-2012, Ketua NNB Huta Tonga Matogu 2013-2018, Ketua Bidang Dakwah Ikatan Mahasiswa Angkola Barat 2014-2016,Ketua PIK R-M Al Isyrof FDIK 2014-2015, Sekretaris Pandu Tani Indonesia Cabang Padangsidimpuan 2016-2018, Ketua Harian Sidimpuan Bergerak 2018-2019.

Aktif dalam suatu komunitas membuatnya terus berproses untuk pengembangan potensi yang ada. Mulai dari studi banding ke MAN 1 Pekanbaru Tahun 2012 dan menjadi moderator Seminar Ilmiah yang diadakan Sadar Baca MAN 1 Padangsidimpuan.

Percaya diri dan rendah hati adalah kunci dalam menggapai setiap mimpinya. Di Kampus, ia juga pernah menjadi moderator Seminar Ilmiah Mahasiswa BKI Tahun 2014, MC wisuda IAIN Padangsidimpuan tahun 2014, panitia Seminar Internasional Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Tahun 2015.

Menariknya, Herman juga pernah sebagai narasumber, di antaranya narasumber Kegiatan Sosialisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja Tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Badan KB, PP dan PA Kota Padangsidimpuan dan narasumber Kegiatan Orientasi Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya Tingkat Kota Padangsidimpuan Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Padangsidimpuan, narasumber Kegiatan Sosialisasi Program GenRe Pada Kegiatan Perkemahan Hari Pramuka ke 56 KWARCAB Padangsidimpuan Tahun 2017.

“Alhamdulillah pernah menjadi salah satu Finalis Pemilihan Duta GenRe (GENerasi beREncana) Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2017, juara I Debat Kerukunan Ummat Beragama pada Kegiatan Pekan Olahraga, Seni Budaya, dan Ilmiah (POSBI) se-Tapanuli Bagian Selatan tahun 2010, Juara II Lomba Pidato Bahasa Indonesia pada Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Madrasah Tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2011, Juara II Syarhil Qur’an pada MTQN Ke 11 Tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2012, Juara I Syarhil Qur’an pada MTQ Ke 12 Tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2013, Juara I Lomba Penyuluhan PHBS Tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2013,” kata anak ketiga dari lima bersaudara pasangan suami istri Rasudin Harahap dan Asmawati Hutasuhut ini.
Herman bercita-cita sebagai pengusaha dan dari sekarang sudah mengikuti banyak pelatihan sebagai peningkatan kualitas diri dan wawasan. Uniknya, meskipun demikian ia sekarang sudah aktif di berbagai majelis untuk menyampaikan dakwah dan menyampaikan kebenaran serta mengajak pemuda hijrah.

“Selama sekolah saya mengikuti pelatihan seperti Pelatihan Dokter Remaja tahun 2010, Pelatihan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Tahun 2011), Pelatihan PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) Tahun 2011, ESQ Character Building I yang diselenggarakan ESQ Leadership Center tahun 2013, Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) Dewan Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan tahun 2014 dan Dauroh Marhalah I PK KAMMI Padangsidimpuan tahun 2016,” ucap Herman laki-laki kelahiran Huta Tonga Matogu, 30 Maret 1995 ini.

Kesuksesan mengikuti lomba tingkat sekolah tingkat Kota Padangsidimpuan, tingkat regional (Tabagsel), maupun tingkat Provinsi Sumatera Utara merupakan lembaran awal baginya untuk terus berproses dengan lebih membekali diri agar mampu membuka lembaran selanjutnya yaitu tingkat Nasional maupun Internasional.

Rutinitas Herman memang sangat menyita waktu namun terus berjuang untuk menggapai apa yang dicita-citakan. Ia dulu mengajar mengaji di masjid, rumah, dan MDT (Madrasah Diniyah Takmiliyah) serta privat ke rumah-rumah pada tahun 2008-2017. Instruktur Komputer di UNIFA Padangsidimpuan tahun 2014-2017. Sekretariat Kantor MUI Kota Padangsidimpuan tahun 2017-sekarang, Khatib di Masjid tempat tinggalnya dan beberapa Masjid di Kota Padangsidimpuan, memulai usaha ternak ayam kampung sejak pertengahan tahun 2017-sekarang dengan jumlah ratusan ekor.

Dalam mengukir banyak kisah dan pengalaman, Herman memiliki prinsip bahwa orang yang sukses itu adalah orang yang selalu bersyukur dan bersungguh-sungguh, bukan orang yang selalu mengeluh dan malas dalam setiap episode kehidupannya. Percayalah, orang malas tidak akan merasakan manisnya madu tetapi akan tenggelam dalam pahitnya empedu.

“Terima kasih kepada ayah dan ibu saya atas kesungguhannya dalam mendidik dan mendoakan yang terbaik untuk saya, kepada saudara kandung Risma Yani Harahap, Renni Listiawati Harahap, Pebriani Harahap, dan Robiatul Adawiyah Harahap. Para guru dan dosen saya sebagai pahlawan yang dengan jasa mereka menjadikan diri lebih baik dalam setiap lembaran hidup ini. Teristimewa kepada para Ulama yang dengan nasehat dan doa mereka menuntun saya untuk berkontribusi terhadap agama Islam ini. Selanjutnya, kepada Bapak Hasbin Sitompul SSos (Pimpinan UNIFA Padangsidimpuan) dan Bapak Drs H Irwan Saleh Dalimunthe MA (Dosen IAIN Padangsidimpuan) atas banyak hal yang telah diberikan kepada saya selama mengikuti proses perkuliahan di IAIN Padangsidimpuan,” tutup Herman yang berdomisili di Huta Tonga Matogu, Desa Parsalakan, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan. (bsl)

Bagikan: