Tapsel Harus Ambil Momentum Pengembangan Wisata Danau Toba

Bagikan:
Yuriandi Siregar

MetroTabagsel.com – Perhatian besar pemerintah terhadap kepariwisataan Sumut dengan salah satu langkah menetapkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia harus dimanfaatkan berbagai daerah.

Salah satu yang dinilai harus memanfaatkan momentum itu adalah Pemerintah Kabupaten di Tapanuli, seperti Tapanuli Selatan.

Betapa tidak, dengan semakin terbukanya akses dan banyaknya fasilitas ke Danau Toba, maka wisatawan diprediksi bisa bertambah banyak ke kawasan ini.

Pemerintah misalnya menargetkan wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara pada 2019 sebanyak satu juta orang. Kalau saja sebagian wisman itu melanjutkan perjalanan wisatanya kekawasan Tapanuli Selatan, tentu saja akan menguntungkan pemerintah dan masyarakat. Multiflyer effect dari pembangunan sektor pariwisata akan dapat membantu menggerakkan perekonomian masyarakat setempat.

Sebenarnya hal itu bukanlah muluk-muluk, mengingat selama ini, letak geografis kawasan Tapanuli Selatan dan sekitarnya seperti Padang Sidempuan juga berada di lintasan sterategis wisatawan yang mengambil paket perjalanan wisata Sumut dan Sumatera Barat melalui overland tour atau perjalanan darat.

Kalau selama ini hanya menjadi tempat lintasan, kenapa tidak diupayakan agar wisatawan itu berwisata dan tinggal lebih lama di Tapanuli Selatan dan sekitar Padang Sidempuan.Apalagi, objek wisata daerah ini juga banyak yang menarik dan fasilitas seperti hotel bahkan bandara juga sudah tersedia.

10 Objek Wisata

Kabupaten Tapanuli Selatan dengan ibu kota Sipirok itu memiliki objek wisata lengkap dari alam hingga rohani. Sedikitnya ada 10 objek wisata di kawasan ini, yakni Aek Sijorni, yang berlokasi di Desa Simpang Tolang, Sayur Matinggi.

Kemudian Air Terjun Silima-lima di Desa Maju Mambe, Marancar, Air Terjun Sisundung Parsalakan Angkola Barat dan Air Terjun Sisoma di Desa Simaninggir, Marancar dan Air Terjun Aek Malakkut di Marancar dan Air Terjun Siondop di Siais.

Adapun danau ada Danau Siaisdi Angkola Sangkunur, Wisata Air Parsariran, Batang Toru.

Kemudian ada Kawah Haritte Sibual-buali. Tor Sibohi Hotel sendiri, selain menjadi tempat penginapan wisatawan mancanegara juga menjadi lokasi foto karena menawarkan panorama yang indah.

Bagaimana Mewujudkannya?

Untuk mewujudkan agar Tapanuli Selatan bisa menjadi daerah tujuan wisata memang memerlukan dukungan banyak pihak. Pertama adalah political will, keinginan kuat Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan salah satunya adalah membenahi aksessibilitas yang memadai menuju objek – objek wisata tersebut serta menyiapkan fasilitas, sarana dan prasarana lainnya.

Selain harus menganggarkan dana perbaikan dan peningkatan objek wisatapada APBD, Pemkab Tapanuli Selatan bisa merangkul investor dalam dan luar negeri untuk berinvestasi di sektor pariwisata di daerah ini.

Termasuk merangkul perusahaan-perusahaan di daerah untuk menyalurkan CSR nya khususnya untuk perbaikan sumber daya manusia.

Objek wisata yang bagus, tanpa SDM yang bagus juga akan menjadi sia-sia.

Bali sudah membuktikan perlunya kesiapan SDM dan termasuk masyarakatnya dalam mendukung kepariwisataan dan langkah itu juga yang sedang disiapkan pemerintah di kawasan Danau Toba. (rel/HR Yuriandi Siregar)

Bagikan: