Menu

Danau Toba Berbenah Jadi Monaco of Indonesia

  • Linkedin
Pesona Danau Toba

MetroTabagsel.com – Sebagai bagian dari 10 Bali Baru, Danau Toba terus berbenah dan gencar berpromosi, demi meningkatkan kunjungan wisatawan. Targetnya, pada 2019, ada satu juta wisatawan mancanegara datang ke Danau Toba.

Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) adalah dengan melakukan promosi melalui misi penjualan (sales mission) ke berbagai wilayah di Indonesia. Pekan ini, mulai tanggal 15-16 September 2018, misi penjualan pariwisata prioritas Danau Toba dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam salah satu rangkaian acara misi penjualan tersebut, Direktur Destinasi Badan Otorita Danau Toba Tata Syafaat mengatakan, strategi baru yang dikembangkan pemerintah, demi mewujudkan wajah baru Danau Toba adalah dengan mengembangkan atraksi-atraksi baru dan aksesibilitas.

“Untuk man made-nya (buatan manusia), kami akan belajar dari Jatim Park untuk diterapkan dan diimplementasikan di Toba, sehingga ada banyak pilihan untuk wisatawan dari berbagai usia,” kata Tata saat ditemui di Ciputra World Hotel, Surabaya, belum lama ini.

Tata menyadari, meski Danau Toba memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan daya tarik kebudayaan lokal yang masih khas, namun atraksi buatan masih sangat kurang. Ia pun berharap bisa mengajak pelaku industri pariwisata di Pulau Jawa untuk melihat potensi Danau Toba dan menerapkan atraksi wisata buatan manusia di sana.

Nantinya, Tata berencana akan mengembangkan wisata air di Danau Toba. Sehingga wisatawan tak sekadar datang dan memandangi alamnya saja, tapi juga bisa sambil berwisata air.

Bahkan, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumatera Utara Solahuddin Nasution berharap, ke depan di kawasan Danau Toba bisa dibuat semacam studio audivisual yang menayangkan bagaimana sejarah terbentuknya Danau Toba yang terjadi akibat letusan gunung berapi ribuan tahun lalu.

“Itu sudah masuk ke dalam masterplan Badan Otorita Danau Toba yang juga akan membangun resort-resort sehingga Danau Toba bisa menjadi Monaco of Indonesia,” ujar Solahuddin. (vv/int)

  • Linkedin
Loading...