Menu

Tambunan Sunset Beach, Wisata Baru di Balige

  • Linkedin
Pantai yang dulunya dipadati semak-semak, kini mulai rapi dan diberi nama Tambunan Sunset Beach.

MetroTabagsel.com – SEIRING dengan program pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata Danau Toba, warga Desa Tambunan Lumbangaol, Kecamatan Balige, Toba Samosir (Tobasa) tidak mau ketinggalan. Pantai yang dulunya dipenuhi semak-semak disulap menjadi pantai pasir putih. Tahun ini, pantai yang dinamai Tambunan Sunset Beach itu sudah mulai ramai pengunjung.

Informasi yang dihimpun, masyarakat bersama pemerintah desa setempat proaktif dalam hal pemngembangan. Baik pembenahan infrastruktur, penyediaan sarana wisata, juga terkait perawatan dan kebersihan lokasi pantai. Bahkan tahun ini telah dibentuk BUMDes yang disiapkan untuk pengelolaan wisata tersebut.

“Maret lalu telah kami bentuk BUMDes Marsingati. Salah satu program prioritasnya untuk pengembangan sektor pariwisata. Diharapkan ke depan mampu berperan membina pengelola wisata, yang akhirnya mampu meningkatkan pendapatan masyarakat,” tutur Kepala Desa Tambunan Lumbangaol yang ditemui di pantai Tambunan Sunset Beach, Jumat (6/7).

Dijelaskan, BUMDes tersebut bekerjasama dengan pengelola wisata. Diawali dengan pengadaan fasilitas wisata, penyertaan modal Rp181.000.000 dari Dana Desa, memberangkatkan pengelola pelatihan keluar daerah. Kemudian ditargetkan tahun depan akan menggelontorkan Dana Desa untuk pembangunan fisik, melakukan pembinaan kepada pengelola dengan menggandeng kelompok sadar wisata.

“Pembangunan fisik bukan jaminan sebuah objek wisata maju. Tetapi harus didukung dengan sumberdaya manusia yang mapan, dan mainset masyarakat yang sudah sadar wisata. Hal ini lah yang kita harapkan dari pemerintah untuk terus melakukan gerakan sadar wisata kepada masyarakat. Memberikan pendampingan, dan menggelontorkan anggaran pembangunan yang tepat sasaran dan berkelanjutan. Sehingga tidak ada anggaran yang sia-sia seperti yang terjadi di beberapa titik objek wisata didaerah kita ini,” jelasnya.

Warga sekitar menyambut baik pembangunan itu. Seperti Sabaruddin Tambunan yang juga selaku penggagas terciptanya pantai Tambunan Sunset Beach.

“Disinilah bentuk kerjasama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah desa. Ada saling mendukung. Yang saya perhatikan, pengelolaannya sudah mulai bagus. Kemudian, BUMDes yang di bentuk untuk pariwisata ini sangat positif. Kedepan kita harapkan semuanya dapat berjalan baik, sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan dampak positifnya pembangunan sektor pariwisata ini,” tandasnya.(ft/osi)

  • Linkedin
Loading...