Menu

Ketika Kapasitas Data Meledak, Toshiba dan Helium Membantu Penyimpanan Awan

  • Linkedin
Masafumi Fujimori, Divisi Produk Penyimpanan dan Sato Takumi dari Departemen Teknik Produk Diska Keras Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation.

MetroTabagsel.com – Menyimpan foto digital dari tempat-tempat yang telah dikunjungi dan makanan yang dimakan, pengarsipan dokumen, berbagi materi konferensi dengan rekan kerja. Saat ini menjadi hal sehari-hari bagi penyimpanan semua jenis data di penyimpanan awan, di mana dia aman sampai dibutuhkan atau sampai terlupakan. Semua ini mendorong ekspansi dramatis dalam semua jenis data, dan semuanya harus disimpan di suatu tempat.

“Penyimpanan awan” terdengar seperti sesuatu yang jauh dan tidak substansial. Faktanya adalah, hal ini terealisir dalam rangkaian diska keras (HDD) yang sangat besar di pusat data. Disk magnetik mereka adalah buku tulis virtual di mana data dicatat, kepala magnetik mereka berfungsi sebagai pena. Sebagian besar pusat data HDD adalah perangkat “nearline”, suatu bauran dari “dekat” dan “daring,” perantara antara penyimpanan online yang mendukung akses data yang kerap, kilat, dan penyimpanan luring yang digunakan sebagai cadangan atau pengarsipan jangka panjang dari data yang jarang diakses.

Dengan semakin banyaknya layanan dan hal-hal yang kita kerjakan berpindah ke daring, kapasitas data yang dihasilkan setiap hari hanya akan meningkat. Penanganannya akan membutuhkan penyimpanan awan yang lebih besar, kapasitas penyimpanan lebih banyak. Salah satu cara untuk mencapai hal itu adalah hanya dengan menambahkan peladen (server), dan ketika itu harus menjadi bagian dari solusi, itu juga merupakan bagian dari masalah, karena peladen membutuhkan ruang, lingkungan yang terkontrol dengan cermat, dan mengkonsumsi banyak daya. Cara yang lebih baik adalah dengan meningkatkan kapasitas diska keras. Tapi hal itu tidak semudah kedengarannya.

Menambahkan lebih banyak disk ke diska keras nearline merupakan usulan yang cukup sulit. Cakram berputar di 7200 rpm, dan dengan hanya lebih banyak menambah menimbulkan masalah konsumsi energi, dan pertanyaan akan daya tahan dan kehandalan. Juga ada masalah ruang. Diska keras dibuat atas standar industri, untuk masuk ke peladen, dan pada dasarnya tidak ada ruang untuk menambahkan lebih banyak.

Mengingat semua ini, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa pengumuman dari diska keras sembilan disk 14-terabyte pada 14 Desember oleh Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation benar-benar mendapat perhatian industri penyimpanan. Diska keras dari anak perusahaan Toshiba Corp adalah diska keras perekaman magnetic HDD Magnetic Recording (CMR) pertama yang mencapai 14TB, dan yang pertama dengan sembilan disk, satu lagi yang telah dicapai lebih dari sebelumnya. Dia juga diisi dengan helium, bukan udara.

Kenyataannya, helium adalah kunci dari inovasi ini. Gas paling ringan kedua, menurunkan resistansi disk, meningkatkan kinerja dan berkontribusi pada peningkatan kapasitas. Ini juga membantu meningkatkan konsumsi daya hingga lebih dari 40% dibandingkan dengan model sebelumnya. Semua kemajuan teknologi ini dicapai dengan mempertahankan waktu rata-rata kegagalan pada 2,5 juta jam.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang diska keras yang mengesankan ini dan inovasinya. Masafumi Fujimori dari Divisi Penjualan dan Pemasaran Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation, dan Sato Takumi dari Departemen Teknik Produk Diska Keras menjelaskan, ada dua hal yang menarik perhatian.

“Pertama, ini adalah penggerak CMR pertama di dunia dengan sembilan disk, dan memberikan kapasitas 14TB. Kedua, ini adalah HDD Toshiba pertama yang menggantikan udara dengan helium,” kata Fujimori.

Dijelaskan Fujimori, pihaknya mendapat respon yang luar biasa dari analis teknologi populer. “Kami telah mulai mengirim contoh ke beberapa pelanggan, dan kinerjanya kini sedang dievaluasi.

Sementara Mr Sato menambahkan, pencapaian itu benar-benar meningkatkan kapasitas. “Sebelum ini, kapasitas terbesar drive kami adalah model 7-cakram, 10TB. Yang paling bisa dicapai oleh perusahaan lain sejauh ini adalah delapan disk. Jika Anda ingin memasang sembilan disk dalam rumah yang sama dengan drive 8-cakram, sangat penting untuk mengurangi bagian dan menghilangkan variasi-variasi pada komponen. Diska keras juga harus melewati tes ketahanan guncangan dan getaran yang ketat, untuk memastikan keandalan. Kami mampu menyelesaikan masalah ini dengan pengetahuan dan pengalaman yang kami peroleh dalam mengembangkan cakra keras 0,85 inci dan 1,8 inci,” katanya. (rel/esa/mtb)

  • Linkedin
Loading...