Porprovsu 2019: Kontingen Sibolga Raih 10 Medali

Share this:
Official dan atlet Porprovsu asal Kota Sibolga foto bersama usai pelaksanaan Porprovsu beberapa waktu lalu di Kota Medan.

SIBOLGA – Kontingen asal Kota Sibolga berhasil mengukir prestasi dengan menyabet 10 medali pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) tahun 2019 yang dihelat pada tanggal 22-29 Juni 2019 di Lapangan Astaka Medan.

Adapun ke 10 medali yang berhasil digondol Kontingen Kota Sibolga berasal dari cabang atletik, pencak silat dan angkat berat. Kota Sibolga sendiri hanya mengikuti 4 cabang olahraga dari 14 cabang olahraga yang dikompetisikan yaitu karate, pencak silat, angkat berat dan atletik.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kota Sibolga Yahya Hutabarat menjelaskan, bahwa 10 medali yang berhasil diraih oleh Kontingen Kota Sibolga terdiri dari dua medali emas dari cabang atletik. “Masing-masing pada nomor 1500 meter putri dan 3000 meter steplechace putri yang dipersembahkan oleh Sprinter andalan Kota Sibolga dan nasional Pretty Sihite,” jelas Yahya.

Selain Pretty Sihite, sambungnya, dicabang Atletik ini Kota Sibolga juga meraih 2 medali perak pada nomor 800 meter putra atas nama Wahyu dan nomor 1500 meter putra atas nama Puja Jumedi. “Sedangkan untuk medali perunggu, masing-masing dipersembahkan oleh atlit lempar lembing putri atas nama Lastiar dan Markus pada nomor jalan cepat 10.000 meter putra,” beber Yahya.

Sedangkan dua medali perunggu lainnya, lanjutnya, dipersembahkan oleh atlit angkat berat 105 Kg putra atas nama Asep Rusnandi di Cabor Binaraga kelas 70 Kg dan Boni Adam Manurung di Binaraga kelas 85 Kg. “Alhamdulillah, kita bisa meraih 2 medali emas, 2 perak dan 6 perunggu dari 4 cabang olahraga yang kita ikuti,” ujarnya.

Secara khusus, Yahya mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan, Pretty Sihite yang berhasil memborong 2 medali emas di cabang atletik. “Saya sangat berbangga atas torehan prestasi sprinter andalan kita, Pretty Sihite yang mempersembahkan 2 medali emas untuk kontingen Kota Sibolga,” ungkap Yahya yang saat itu didampingi kepala bidang (Kabid) Olahraga Dispapora Kota Sibolga Rio Nauli Tambunan.

Yahya berharap, raihan prestasi yang diukir pada Porprovsu tahun 2019 ini menjadi penyemangat Pemko Sibolga dan KONI Sibolga untuk terus bersinergi dalam melakukan pembinaan cabang-cabang olahraga agar semakin baik dan semakin berprestasi lagi. “Kalau sinergitas berjalan dengan baik, Insya Allah kita tidak hanya akan ikutkan 4 cabang saja di Porprovsu yang akan datang, tetapi juga cabang-cabang lainnya,” katanya.

Sementara, Ketua terpilih Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sibolga Heri Yon Marbun mengaku bangga dengan torehan prestasi kontingen Kota Sibolga pada Porprovsu Tahun 2019. “Prestasi yang diraih Kota Sibolga menjadi semangat bagi KONI Kota Sibolga dan pencab-pengcab olahraga kota Sibolga untuk berbenah,” tegasnya.

Dia menegaskan, Kota Sibolga punya potensi segudang atlit berprestasi yang siap dibina dan berprestasi disetiap even olahraga baik pada skala lokal, regional, nasional bahkan internasional. “Sebagai ketua KONI yang baru saja terpilih, ini cambuk buat saya dan pengurus KONI Kota Sibolga. Dan prestasi ini menjadi penyemangat kami untuk terus berbenah,” katanya. (ril/rb)

Share this: