Menu

Makin Pedas! Cabai Merah Rp40 Ribu/Kg

  • Linkedin
Doc
Cabai

MEDAN – Harga cabai merah di Sumatera Utara (Sumut) mengalami kenaikan yang sangat tajam, Senin (1/10). Cabai merah di awal bulan dijual dengan harga 40 ribu per kg, untuk kualitas yang sangat bagus.

“Kenaikan harga cabai merah tersebut memberikan kejutan baru. Faktor cuaca diyakini masih menjadi pemicu kenaikan harga cabai merah saat ini,” ujar Ketua Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin.

Meski demikian, di tingkat petani, harga cabai merah dijual dikisaran Rp24 ribu per kg. “Ada perbedaan harga yang cukup signifikan antara harga di tingkat petani hingga ke konsumen. Penyebab perbedaan harga yang terlampau jauh itu dikarenakan oleh buruknya masaah distribusi,” tuturnya.

Gunawan menyebutkan, ada beberapa poin penting yang menjadi catatan khusus. Cabai merah yang dibeli oleh para pengepul (tengkulak/distributor), itu pada umumnya dibungkus dengan menggunakan plastik.

Sehingga, terjadi penguapan yang mengakibatkan cabai cepat layu dan busuk. Selanjutnya saat dibawa dari petani ke konsumen cabai tersebut umumnya ditumpuk secara sembrono. Akibatnya, rentan terinjak dan tertimpa komoditas lainnya.

“Jadi, selama di truk pengangkutan tersebut, sejumlah potensi risiko yang terjadi antara lain penguapan, tertimpa/terinjak, kena gancu, terbanting sehingga membuat cabai itu mudah rusak, layu dan busuk. Belum lagi memperhitungkan kondisi lama di perjalanan. Itu juga mempengaruhi ketahanan cabai itu sendiri,” bebernya.

Ia melanjutkan, cabai yang patah patah, layu atau busuk tadi disortir oleh para pedagang. Namun, pedagang membebankannya ke harga.

“Tak heran jika cabai yang dijual pedagang saat ini sekitar Rp40 ribu per kg, di petani hanya sebesar Rp24 ribuan per kg. Dibutuhkan solusi pengangkutan yang menggunakan ice box dengan sekat khusus yang bisa mempertahankan kualitas cabai. Sehingga harga adil di tingkat petani dan pedagang,” jelasnya.

Gunawan menambahkan, harga cabai sortiran yang dengan kualitas lebih jelek dijual dikisaran Rp34 hingga 36 ribu per kg. Sementara itu, harga cabai menjelang sore hari dengan kualitas seadanya bisa ditemukan dan dijual dikisaran Rp28 ribuan per kg. (fir/pojoksumut)

  • Linkedin
Loading...