Menu

Muara Pemasok Mangga ke Balige

  • Linkedin
Ilustrasi

MetroTabagsel.com – Sejumlah warga Muara, Tapanuli Utara, Jumat (6/7) lalu tiba di Pelabuhan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dengan membawa ratusan keranjang hasil bumi jenis mangga.

Kehadiran warga dengan menaiki tiga unit kapal motor(KM) langsung disambut para toke dan pengumpul di pelabuhan menambah suasana Pasar Balige yang berada di skeitar pelabuhan ramai dengan transaksi buah mangga tersebut.

S Rajaguguk, salah seorang pemasok mangga ke Balige mengatakan, harga mangga yang ia jual kepada toke Rp6.000 per Kg. Harga ini naik signifikan dibanding minggu lalu cuma Rp2.000 per Kg.

“Sekarang masa panen sudah mulai habis, bahkan saat ini banyak pohon mangga sudah memasuki masa sambang,” ujarnya.

Menurut pengawas Pasar Balige, Santoso Sianturi, sistim perdagangan di pinggiran Danau Toba di Pelabuhan Balige sudah berlangsung sejak lama. Khususnya bagaimana transaksi dilakukan secara cepat-kilat. Hubungan warga dengan toke sudah terlaksana sejak lama dan komunikasinya tetap berlanjut, sehingga begitu tiba barang dengan menggunakan kapal maka seluruh bentuk perdagangan pasti laku.

“Di sini perdagangan sudah seperti keluarga tidak ada yang sulit. Begitu ada permasalahan khususnya masalah harga tidak berlarut larut dengan cepat timbul solusi,” paparnya menyikapi bagaimana proses transaksi mangga terjadi secara cepat dan ringkas. (mbd/int)

  • Linkedin
Loading...