Menu

Berdayakan Ekonomi Kerakyatan

  • Linkedin
Ketua DPD Pujakesuma Padangsidimpuan Tamali SH foto bersama jajaran pengurus usai menggelar Rakerda, Minggu (4/3).

SIDIMPUAN – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Kota Padangsidimpuan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pujakesuma, berlangsung di aula Budi Luhur Pangsidimpuan, Minggu (4/3), guna memantapkan agenda organisasi keturunan Jawa kelahiran Pulau Sumatera itu ke depannya.

Rakerda dengan tajuk; Penguatan sinergi untuk meningkatkan ekonomi dan silaturrahmi warga Jawa itu dibuka Sekda Kota Psp Drs Zulpeddi Simamora MM mewakili Penjabat (Pj) Walikota DR H Sarmadan Hasibuan SH MM.

Dalam sambutannya, Pj Walikota DR H Sarmadan Hasibuan menyampaikan, warga Pujakesuma Padangsidimpuan dari dulu sampai sekarang dan seterusnya merupakan paguyuban terbesar bagi warga Jawa serta sebagai perekat persatuan dan kesatuan antar seluruh etnis yang ada di daerah ini. Untuk itu, katanya, warga Pujakesuma diharapkan harus dapat mengambil peranan sebagai motor penggerak pembangunan, menjadi mediator dan fasilitator yang baik bagi semua kepentingan.

Lebih lanjut, Zulfeddy menyampaikan, mengingat Pujakesuma merupakan perkumpulan masyarakat Jawa yang berada di bawah paguyuban tersebut, warga Pujakesuma senantiasa bersatu padu, berswadaya, cerdas, dinamis, kreatif, berwawasan sejahtera serta dapat hidup dengan harmonis dan selalu menjaga kebersamaan agar visi misi organisasi tercapai.

“Saya berharap, warga Jawa di Kota Padangsidimpuan dapat bersatu, selalu, bersinergi dan bersemangat untuk membesarkan Pujakesuma, sehingga keberadaannya benar-benar memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat banyak, khususnya warga Jawa yang ditandai dengan selalu dapat hidup berdampingan, bersahabat dan bekerjasama dengan semua suku,” terangnya.

Ketua DPD Pujakesuma Kota Psp Tamali SH mengatakan, Pujakesuma adalah wadah berhimpun dan pemersatu etnis Jawa yang lahir atau bertempat tinggal di Pulau Sumatera, yang diharapkan dapat menghimpun dan memberdayakan segenap potensi yang ada di lingkungan etnis Jawa, baik sebagai forum komunikasi, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), serta dinamisator dan stabilisator pembangunan di berbagai bidang kehidupan dan mengangkat harkat dan martabat warga Pujakesuma di Kota Psp.

Ia menambahkan, dalam Rakerda ini terdapat beberapa rencana kegiatan yang dibahas, di antaranya bidang pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan koperasi, bidang sosial budaya kesenian dan kemasyarakatan, bidang pendidikan pelatihan dan ketenagakerjaan, bidang pemuda dan olahraga, bidang pengembangan organisasi dan pemberdayaan perempuan.

Mewakili DPRD Kota Psp Iswandi Arisandi, mengaku gembira bila KB Pujakesuma dapat memberikan manfaat kepada banyak pihak dan hal itu kiranya bisa selalu menjadi filosofi warga Jawa di daerah ini pada umumnya dan warga Jawa harus tetap cinta kepada budayanya, serta kita semua patut bangga menjadi warga Jawa.

Sebelumnya, ketua Panitia Rakerda, Purnadi SE melaporkan, tujuan Rakerda, guna menetapkan prioritas program kerja DPD Pujakesuma Kota Padangsidimpuan periode 2017-2022, menetapkan pokok-pokok pikiran rekomendasi, sikap DPD Pujakesuma Kota Psp dan jajarannya menghadapi Pilkada Kota Psp tahun 2018.

Dikatakannya, Rakerda Pujakesuma tahun 2018 ini merupakan salah satu bentuk operasional dari program kerja DPD Pujakesuma Kota Padangsidimpuan periode 2017-2022, sekaligus memantapkan langkah-langkah strategis yang tepat guna dan berhasil guna bagi paguyuban KB Pujakesuma, khususnya dan masyarakat Jawa yang berada di Kota Padangsidimpuan,” katanya.

“Rakerda ini merupakan tindak lanjut dari hasil Musyawarah Daerah (Musda) Pujakesuma yang telah digelar sebelumnya dan selain merencanakan kegiatan, Rakerda ini juga sebagai ajang melakukan evaluasi terhadap capaian tujuan-tujuan yang telah dilakukan sebelumnya,” ujar Purnadi. (san)

  • Linkedin
Loading...