Pengurus Masjid Kelola Kebun Sayur Hidroponik!! Warga yang Mau, Silahkan Datang…

Share this:
Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar melihat dan memetik sayur dari kebun hidroponik yang dikelola pengurus Masjid Raya Lama, Syakh Islam Maulana, Padangsidimpuan.

SIDIMPUAN – Pengurus Masjid Raya Lama atau Masjid Syekh Islam Maulana Kota Padangsidimpuan (Psp) tak hanya mengurus kebersihan dalam dan luar masjid. Tetapi, mereka terus melakukan inovasi dan kreasi di berbagai hal dalam memakmurkan mesjid.

Salahsatunya dengan menanam sayuran secara hidroponik. Dan, pada 18 dan 19 Mei kemarin, pengurus masjid telah panen berbagai jenis sayuran hidroponik, yang dikelola di halaman masjid sejak beberapa bulan terakhir.

Warga terutama umat Muslim yang membutuhkan sayuran untuk keperluan berbuka dan sahur, bisa mengambil berbagai jenis sayuran yang tersedia. Tidak ada istilah menjual sayur di tempat itu. Hanya saja, panitia membuat kotak infaq untuk keperluan masjid.

Pengurus Masjid Raya Lama, Ismail Hasibuan yang juga masih keturunan Syekh Islam Maulana, yang juga pendiri masjid tersebut, menjelaskan, pekarangan masjid pada dasarnya tak memungkinkan lagi untuk ditanami sayur-sayuran, jika menerapkan pola tradisional. Sebab, hampir seluruh pekarangan yang tersisa telah dilapisi lantai keramik dan semen.

Namun, menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam mengelola sayur untuk umat, sekaligus menciptakan suasana pekarangan yang hijau dan sejuk, mereka para pengurus menerapkan pola modern dalam menanam berbagai jenis sayuran. “Hidroponik tak membutuhkan tanah. Tetapi pertumbuhan sayur dipengaruhi oleh sirkulasi air,” terangnya.

Panen kali ini, terang Ismail, merupakan panen ketiga kali sejak diterapkannya pola tanam sayur hidroponik di pekarangan mesjid tersebut. “Pada panen semalam, Wakil Walikota (Arwin Siregar) bersama ibu juga menyempatkan diri hadir,” sebutnya.

Disampaikan, keberadaan kebun sayur di lingkungan masjid itu, sama sekali tak menganggu, baik bagi kekhusukan umat yang beribadah, maupun pemandangan di sekitar masjid. Justru, menurut jamaah keberadaan kebun hidroponik menambah keindahan dan kesejukan di sekitar masjid.

Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar, Sabtu (18/5) menyebutkan, kehadirannya pada panen tersebut awalnya didorong rasa penasaran. Dan ternyata faktanya benar benar membanggakan.

“Sayur yang tersedia ini menurut saya merupakan sayur berkelas. Saya salut dan bangga dengan pengelolaan hidroponik ini,” ungkapnya melalui selulernya.

Kepada pengurus masjid, Arwin berpesan, agar mempertahankan dan jika memungkinkan dapat meningkatkan kegiatan yang menurutnya sangat layak dicontoh oleh masyarakat tersebut. (ran)

Share this: