Menjaga Kesehatan di Tanah Suci, Minum Air Putih Satu Jam Sekali

Share this:
Kondisi cuaca di Tanah Suci Makkah saat ini sangat panas.

MAKKAH – METROTABAGSEL.COM, Kondisi cuaca di Tanah Suci Makkah saat ini sangat panas. Karenanya, seluruh jamaah calon haji diharapkan menjaga kesehatannya, agar tidak terjadi hal yang tak diinginkann

Nah, sebagai upaya menjaga kondisi kesehatan selama melaksanakan ibadah haji, petugas Kloter 5 Embarkasi Medan, TPHI, TPIHI, TKHI dan TPHD bersinergi dengan ketua regu, dan ketua rombongan, mencanangkan gerakan minum air putih satu jam sekali bagi jamaah calon haji Kabupaten Mandailing Natal.

“Gerakan minum air putih per satu jam ini adalah upaya yang dilakukan petugas kloter untuk menjaga kesehatan dari para jamaah selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Apalagi mengingat kondisi cuaca yang sangat panas disini,” kata TPHI Kloter 5/MES, H Irfansyah Nasution SAg MM melalui Humas Kemenag Mandailing Natal, Armen Rahmad Hasibuan kepada wartawan, Kamis (1/08).

Sementara TKHI Ratnawita menyampaikan, kondisi cuaca yang cukup panas saat ini, jamaah calon haji diminta untuk selalu memakai alat pelindung diri dari sengatan langsung panas matahari. “Jamaah keluar ruangan atau beraktivitas di alam terbuka, harus memakai topi, payung, atau alat pelindung kepala lainnya, dan juga memakai alas kaki,” imbaunya
Jamaah haji juga diharapkan jangan bosan minum air putih, agar tidak dehidrasi. Air minum sangat mencukupi untuk dikonsumsi para jamaah. “Jangan takut sering pipis, kalau minum air. Jamaah merasa tidak haus, dan tidak berkeringat, tapi cairan tubuh berkurang. Kalau cairan dalam tubuh berkurang akan menimbulkan gangguan kesehatan berupa dehidrasi sehingga dapat mengganggu aktifitas ibadah dari para jemaah,” bebernya.

Untuk itu, lanjutnya, mereka mencanangkan dan mengimbau seluruh jamaah haji asal Mandailing Natal yang tergabung dalam Kloter 5/MES ini agar memperbanyak konsumsi air putih 100 mililiter per jam atau segelas setiap sejam selama beraktivitas. “Ini kita mulai dari para jamaah yang usia lanjut. Mudah mudahan dengan pencanangan minum air puti per 1 jam, para jemaah haji semakin sehat dan mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji nantinya,” pungkasnya.(smg)

Share this: