Anggaran Besar, KPU Madina Diminta Maksimalkan Sosialisasi

Share this:
KPU

MADINA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) telah menyatakan kesiapannya menyelenggarakan Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina di Pilkada tahun 2020. Mereka pun sudah mengusulkan anggaran yang amat besar yaitu Rp 65 miliar.

Pemerhati politik di Kabupaten Madina, Subriadi Nasution SH kepada Metro Tabagsel, Rabu (19/6) mengatakan, pada prinsipnya masyarakat tidak terlalu memperhatikan besaran anggaran dalam penyelenggaraan Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2026

Tetapi, masyarakat menginginkan KPU Kabupaten Madina lebih memaksimalkan lagi sosialisasi dan penyampaian informasi publik guna meningkatkan partisipasi pada Pilkada 2020 nanti.

“Kita tidak meyoal besaran jumlah anggarannya, karena Pemerintah dan DPRD yang akan menguji kepatutannya. Hanya saja, dengan anggaran yang cukup, KPU kita harap lebih giat lagi melakukan sosialisasi tahapan dan informasi kepada masyarakat,” pintanya.

“Termasuk tahapan rekrutmen petugas di tingkat kecamatan, desa, dan personil yang dibutuhkan lainnya. Begitu juga dengan tahapan lain terkait pengumuman persyaratan calon, persyaratan pencalonan, tahapan kampanye dan sosialisasi pasangan calon dan sebagainya, agar masyarakat benar-benar memahami dan ikut berperan menyukseskan pesta demokrasi ini,” terang Subriadi.

Ia mengapresiasi kinerja KPU Madina dalam pelaksanaan Pemilu Legsilatif dan Pilpres tahun 2019, dan harapannya untuk Pilkada Madina supaya KPU selaku lembaga penyelenggara Pemilu lebih giat lagi dan menguatkan bidang sosialisasi baik secara langsung oleh petugas maupun melalui media massa.

“Sosialisasi ini sangat penting, supaya masyarakat sebagai pemegang mandat agar dapat menentukan pilihannya dengan baik, penuh kesadaran dan lebih memahami tentang proses demokrasi,” pungkasnya. (wan)

Share this: