Stop Hoax

Bagikan:
Kapolda Sumut Drs Agus Andrianto SH MH bersama ibu-ibu wirid Yasin usai Tabligh Akbar di Halaman Kantor Bupati Paluta, Sabtu (23/2). (Asmar Siregar/Metro Tabagsel)

MetroTabagsel.com – Menjelang Pemilu 2019, Polda Sumatera Utara mengumpulkan tokoh lintas agama. Salah satu tujuannya mencegah penyebaran hoaks agar pelaksanaan Pemilu berjalan aman dan damai.

Acara deklarasi dengan tema ‘Peran Tokoh Lintas Agama Dalam Mewujudkan Pemilu Damai 2019’ di Aula Serba Guna Kantor Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) dan dimulai sejak pukul 15.00 WIB, Sabtu (23/2).

Usai deklarasi dilanjutkan dengan acara tabligh akbar yang diadakan Pemkab Paluta di halaman Kantor Bupati Paluta.

Acara dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, sejumlah pejabat teras Mapolda Sumut, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP Msi, Wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap SE Msi, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, tokoh Tabagsel yang juga mantan Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap dan sejumlah pejabat daerah lainnya. Selain itu tampak hadir, perwakilan tokoh agama, tokoh pemuda hingga unsur TNI.

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat agar seuruh stakeholder terkait dan tokoh lintas agama memelihara suasana kamtibmas agar aman dan kondusif serta tidak mempercayai berita bohong.

Jenderal bintang dua ini melanjutkan saat ini permasalahan masyarakat Indonesia adalah banyaknya hoax yang beredar. Untuk itu Ia mengajak masyarakat ikut menanggulangi sebaran hoax yang marak terjadi akhir-akhir ini.

“Saat ini kita lihat bersama banyaknya terjadi dan marak berita bohong, hoax, fitnah dan ujaran kebencian. Menghadapi hal itu, Polri tidak bisa bergerak sendiri, harus ada kerja sama stakeholder terkait, khususnya tokoh lintas agama,” kata Agus.

Acara selanjutnya adalah pembacaan ikrar secara bersama-sama. Pembacaan itu dibacakan oleh perwakilan dari lintas agama asal Kabupaten Padang Lawas Utara H Awaluddin Harahap.

Berikut ini isi deklarasi bersama yang dibacakan:
Untuk menyongsong Pemilu tanggal 17 April 2019 yang akan datang, pada hari ini tanggal 23 Februari 2019 kami peserta dialog tokoh lintas agama Sumatera Utara yang bertempat di Gedung Serba Guna Kabupaten Padang Lawas Utara mendeklarasikan Pemilu damai, santun dan menyejukkan. Untuk itu kami menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Meminta kepada seluruh umat beragama agar tetap memelihara kerukunan dan kedamaian yang telah terbangun selama ini.
  2. Meminta supaya semua partai politik dalam setiap kampanye senantiasa menampilkan kampanye damai, santun dan menyejukkan serta berkompetisi secara sehat.
  3. Meminta supaya segenap juru kampanye dapat menghindari narasi yang berdimensi SARA, ujaran kebencian dan hoaks.
  4. Mengimbau segenap umat beragama agar dapat berpartisipasi aktif bagi terselenggaranya Pemilu yang berkualitas dengan mengedepankan kerukunan dan memberikan hak suara sesuai dengan pilihan masing-masing.
  5. Meminta supaya KPU, Bawaslu dan aparat penegak hukum senantiasa menegakkan supremasi hukum demi terselenggaranya Pemilu yang jujur, adil, aman, damai dan berkualitas.

Usai deklarasi Pemilu damai 2019, acara dilanjutkan dengan tabligh akbar yang dihadiri ribuan kaum ibu-ibu dan wirid Yassin dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Paluta. (ais)

Bagikan: