Oknum PNS Paluta Terdakwa Cabul Anak Divonis 10 Tahun

Bagikan:
Ilustrasi

PALUTA – AKH (34) oknum PNS di lingkungan Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta) terdakwa cabul anak laki-laki di bawah umur, akhirnya divonis 10 tahun penjara oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri Padangsidimpuan.

Sidang yang berlangsung di ruang Pengadilan Negeri Padang Sidimpuan tersebut dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Rory Sormin SH dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis (21/2) sore.

Dalam putusannya, Ketua majelis hakim Rory Sormin menyatakan terdakwa terbukti secara meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan mencabuli korban anak di bawah umur dengan secara berulang kali.

“Telah terbukti dan meyakinkan bersalah melakukan perbuatan cabul. Dengan ini menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa selama 10 tahun penjara, Subsider 6 Bulan Kurungan denda Rp5 miliar serta membayar biaya perkara pengadilan sebesar 5 ribu rupiah,” kata Rory di ruang sidang Pengadilan Negeri Padangsidimpuan.

Ketua Majelis Hakim juga menuturkan dengan tindakan terdakwa melakukan perbuatan cabul terhadap korban juga menimbulkan efek trauma terhadap psikolog korban.

Usai menjatuhkan vonis dalam sidang putusan yang dibuka untuk umum sesuai aturan kitab undang-undang hukum acara pidana yang berlaku tersebut, Ketua majelis hakim Rory Sormin SH juga mempersilahkan terdakwa untuk berkoordinasi dengan tim penasehat hukumnya, apakah AKH masih melakukan upaya banding atas putusan vonis yang dinyatakannya tersebut.

Setelah berkoordinasi dengan tim penasehat hukumnya, terdakwa menyampaikan kepada majelis hakim untuk melakukan upaya banding atas putusan vonis terhadap dirinya.

Jaksa Penuntut Umun (JPU) Kejaksaan Negeri Paluta Ferry M Julianto Sitanggang SH dalam sidang sebelumnya juga mengajukan tuntutan yang sama dengan vonis yang telah dijatuhkan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Padang Sidimpuan terhadap terdakwa.

“Dengan adanya upaya banding yang di nyatakan terdakwa, maka kami tim JPU juga akan melakukan banding dan akan mempersiapkan seluruh berkas untuk melakukan banding tersebut,” tegas Ferry. (ais)

Bagikan: