Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Disperindag Gelar Forum Inovasi Unggulan Daerah

Bagikan:
Acara yang mengambil tema 'Membangun ekonomi Paluta yang berkelanjutan' dibuka Asisten II Drs Ali Akbar Siagian MM di Aula Cafe Keluarga Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kamis (21/2).

PALUTA – Untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menggelar forum inovasi unggulan daerah bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Acara yang mengambil tema ‘Membangun ekonomi Paluta yang berkelanjutan’ dibuka Asisten II Drs Ali Akbar Siagian MM di Aula Cafe Keluarga Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kamis (21/2).

Hadir yang menjadi narasumber dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Hasna Deli, Bappeda Paluta Iskandar Muda Hasibuan SSTP, anggota DPRD Paluta dari Komisi B Ir Tua Rohot Siregar, Hendri A Silalahi SH serta ahli profesional dari kalangan praktisi maupun akademis.

Kepala Dinas Perindag Paluta Hamdan Sukri Siregar Ssos MM dalam sambutannya menyampaikan adapun pengembangan produktifitas produk unggulan daerah dengan sasaran pembangunan meningkatkan daya saing komoditas unggulan daerah untuk bisa dan mampu mengkreasikan inovasi unggulan daerah yang menyentuh gerakan ekonomi kerakyatan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Dengan adanya forum ini, harapannya dapat memberikan dampak yang positif dalam peningkatan ekonomi kerakyatan terhadap pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan sektor perdagangan.

“Semoga dengan Kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif dan peningkatan bagi para pelaku IKM dan sektor perdagangan yaitu peningkatan daya saing melalui sinkronisasi kebijakan petani pertumbuhan industri, optimalisasi distribusi perdagangan dan pengembangan ekspor produk unggulan daerah,” kata Hamdan.

Tambahnya, pembangunan berkelanjutan melalui aksi nyata yang bertajuk ekonomi berkelanjutan, salah satu yang harus diwujudkan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat antara lain dengan adanya produk unggulan daerah seperti Dodol Balakka, Sirup Balakka, Tenun, kerajinan tangan, kreatifitas, koleksi kuliner khas Paluta.

Sementara anggota DPRD Paluta dari Komisi B Ir Tua Rohot Siregar yang menjadi narasumber menyampaikan hasil pokok-pokok pikiran DPRD yang di jaring melalui reses.

Begitu juga dari Bappeda menyampaikan kebijakan pemerintah daerah terkait dengan prioritas pembangunan daerah yang perlu di pedomani dan di perhatikan dalam menyusun rencana kerja OPD. (ais)

Bagikan: