Berantas Narkoba, Sipir Dites Urine

Bagikan:
Jajaran petugas cabang rutan sibuhuan melakukan tes urine dalam rangka pemberantasan narkoba, Rabu (20/2).

PALAS – Jajaran sipir di Cabang Rumah Tahanan Negara Sibuhuan melakukan tes urine, Rabu (20/2) kemarin. Pemeriksaan satu per satu petugas rutan ini sebagai upaya serius dalam pemberantasan narkoba.

Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakat Nomor: PAS-126.PK.02.10.01 Tahun 2019 tanggal 04 Februari 2019 Tentang Langkah-langkah Progresif dan Serius Upaya Pemberantasan Narkoba di Rumah Tahanan Negara/Cabang Rumah Tahanan Negara, Lembaga Pemasyarakatan, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak, langkah ini juga untuk memastikan pegawai bersih Narkoba.

Bertempat di cabang Rutan Sibuhuan, tes urine ini dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB, yang diawali pengarahan dari Kacab Rutan Sibuhuan terhadap para petugas. Tes ini diwajibkan bagi seluruh petugas tanpa terkecuali, dengan tujuan untuk memastikan bahwa pegawai rutan betul-betul bebas dari narkoba.

“Setiap pelanggaran akan kami tindak tegas, apalagi narkoba,” singgung Kacab Rutan Sibuhuan Parlindungan Siregar terkait tes urine tersebut.

Selain itu, lanjut Parlin, langkah-langkah progresif dan upaya serius pemberantasan Narkoba di Lapas dan Rutan khususnya di Cabang Rumah Tahanan Negara Sibuhuan bertujuan untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika untuk mengungkap dan memutus jaringan tindak pidana Narkotika di dalam Cabang Rumah Tahanan Negara Sibuhuan. Tentunya juga menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di Cabang Rumah Tahanan Negara Sibuhuan.

“Kita juga mengoptimalkan kerjasama antara Penegak Hukum melalui upaya pemberantasan, Peredaraan Gelap Narkoba di Cabang Rumah Tahanan Negara Sibuhuan ini,” kata Parlin.

Sebelumnya, cabang rutan sibuhuan juga telah melaksanakan pemeriksaan langsung terhadap seluruh kamar hunian. Bahkan dilakukan secara berulang pada setiap minggunya oleh petugas Cabang Rutan maupun melibatkan instansi luar, seperti polres tapsel dan dinas kesehatan.

“Dari hasil pemeriksaan, diperoleh hasil bahwa petugas yang menjalani tes urine negatif, artinya mereka bersih, bebas, dan tidak mengonsumsi narkoba,” tukas Kacab Rutan Sibuhuan. (tan)

Bagikan: