Proses Pelipatan Surat Suara Dimulai

Bagikan:
Ilustrasi surat suara.

SIDIMPUAN – Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan mulai melakukan pelipatan surat suara, di Sopo Godang Demokrasi, Rabu (20/2).

Proses pelipatan dimulai dari pembukaan Ruangan Surat Suara yang disegel (penyimpanan surat suara, red). Ruangan tersebut dibuka oleh jajaran KPU dan Bawaslu serta pihak Kepolisian.

Hadir saat itu Ketua KPU Tagor Dumora Lubis SH bersama jajaran Komisioner dan Sekretariat, Kabag Ops Polres Psp Kompol Aswat Tarigan, Komisioner Bawaslu Rahmat Aziz Hasiholan Simamora, Kejari diwakili A Asron Harahap.

Ketua KPU Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis SH, menyampaikan, petugas pelipatan surat suara ini jumlahnya 7 regu, sementara 1 regu ada 8 orang anggota. Sehingga seluruhnya ada 54 orang untuk melakukan pelipatan surat suara.

“Ini dimulai sampai selesai. Waktunya dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Surat suara yang dilipat ini sesuai dengan yang kita terima,” kata Tagor.

Dikatakan Tagor, surat suara yang dilipat ini untuk surat suara DPRD Kota, DPRD Provinsi dan DPR RI. Sementara Surat Suara DPD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sedang dalam perjalanan menuju Padangsidimpuan.

“Konfimasi terakhir yang kita terima, Surat Suara DPD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta kekurangan surat suara sudah dalam perjalanan menuju Padangsidimpuan dari lokasi percetakan. Kita tunggu dalam satu atau dua hari ini. Nanti kalau ada informasi perkembangannya kita akan kabari lagi,” sebut Tagor.

Jumlah surat suara yang di butuhkan untuk 5 jenis pemilu serentak 2019 totalnya 726.395 surat suara, ini berdasarkan DPTHP-2 Kota Padangsidimpuan untuk Pemilu 2019, yaitu 142.091 orang ditambah 2 persen cadangan surag suara dari jumlah total keseluruhan.
Sedangkan, total surat suara 726.395 yang di lipat nanti meliputi pemilu 2019, Pilpres, DPR RI (Dapil 2 Sumut), DPD, DPRD Provinsi Sumatera Utara (Dapil 7 Sumut) dan DPRD Kota Padangsidimpuan.

Agenda jadwal untuk sortir dan lipat surat suara ini adalah mulai tgl 20 Februari sampai dengan 30 maret 2019. Sebelumnya, KPU Kota Padangsidimpuan telah menerima 877 box surat suara atau 437.800, Kamis (7/2) lalu. (bsl)

Bagikan: