KPU Madina Masih Kurang 555 Kotak Suara

Bagikan:
Staf dan pegawai dalam merakit dan menyusun Kotak Suara di Gudang KPU Madina. (Samman Siahaan/Metro Tabagsel)

MADINA – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal mulai merakit Kotak Suara, di Gudang KPUD Madina Sigalapang, Kecamatan Panyabungan. Sampai saat ini, Selasa (12/2) ditemukan tiga kotak yang mengalami kerusakan. Dan, KPU Madina masih kekurangan kotak suara sebanyak 555 kotak.

Menurut Ketua KPU Madina, Fadhillah Syarief SH, taksasi kekurangan itu didapat merunut jumlah Tempat Pemungutan Suratsuara (TPS) seluruh Kabupaten Madina pada awalnya sebanyak 1310 TPS, dan belakangan hari ada penambahan 10 TPS, jumlah akhir 1326 TPS.
“Kekurangannya kita masih menunggu, dalam jangka dekat,” kata yang juga Koordinator Divisi Logistik itu.

Jumlah kotak suara saat ini di gudang KPU, tersimpan sebanyak 6401 Kotak. Kurangnya 555 Kotak. Perhitungan kebutuhan jumlah kotak suara setiap TPS, sebanyak lima kotak. Namun, pada saat perekapan nanti di tingkat kecamatan, disediakan minimal 11 Kotak sebagai kotak surat perekapan.

“Hasil rekap di Kecamatan, dimasukkan ke kotak suara. Disediakan kotak suara minimal 11 Kotak. Jika perhitungannya, 5 kotak setiap TPS. Ditambah kebutuhan di luar TPS. Ditambahlagi 11 Kotak di Kabupaten hasil perhitungan. Itu belum kita hitung lagi yang rusak,” kata Ketua KPU Madina itu.

Perakitan kotak suara ditargetkan selesai Jumat (15/2) dan sudah dimulai pada Jumat (8/2) kemarin. Hari ini perakitan telah selesai 60 persen dari jumlah kotak suara. Awal April nanti, kotak-kotak ini akan segera disalurkan ke setiap TPS.

Sedangkan kotak suara yang rusak sampai saat ini ditemukan sebanyak tiga kotak. Dalam penyimpanannya, KPU melapisi kotak dengan plastik pada susunan paling bawah guna mengantisipasi kemungkinan buruk dari kondisi cuaca.

“Setelah pengepakan, KPU nantinya akan mulai melipat surat suara. Untuk surat suara, kita sampai saat ini tiga jenis surat suara minus (Surat-suara) DPD dan Capres. Kita masih menunggu,” pungkasnya. (san)

Bagikan: