KPU Paluta Sosialisasi Pendidikan Pemilih Berkebutuhan Khusus

Bagikan:
Anggota KPU Paluta dari SDM dan Parmas Nafsir Rambe sosialisasikan Pendidikan Pemilih bagi berkebutuhan khusus di Rutan Gunung Tua. (Asmar Siregar/Metro Tabagsel)

PALUTA – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sosialisasikan Pendidikan Pemilih berbasis berkebutuhan khusus dengan cara mendatangi Rumah Tahanan Cabang Gunung Tua.

Selain itu yang dimaksud dengan kategori berkebutuhan khusus selain Rutan, termasuk rumah sakit dan daerah pedalaman yang sulit menerima akses informasi.

“Tujuannya tak lain agar diketahui masyarakat, KPU melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih agar pengetahuan tentang pemilu tidak hanya terbentuk menjelang pemilu tetapi jauh sebelumnya sehingga masyarakat lebih paham dan siap dalam pelaksanaannya,” kata Kordinator SDM dan Parmas Nafsir Rambe via selulernya, Senin (11/2).

Lanjutnya, sosialisasi ini merupakan hak bagi para warga binaan dan KPU di haruskan memfasilitasi karena mereka masih memiliki hak untuk memilih pada Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang.

“Kegiatan ini semata-mata untuk menyelamatkan hak memilih bagi warga binaan lapas karena walaupun mereka didalam lapas tapi suara mereka tetap menjadi hitungan dalam Pemilu,” tegasnya.

Tambahnya, dengan ada nya pendidikan pemilih bagi berkebutuhan khusus ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilu dan mencapai target 77,5 persen di Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Kami berharap pihak-pihak yang berada di rumah sakit, baik pasien dan keluarga maupun perawat bisa terakomodir suaranya sebagai pemilih dan bisa memilih di TPS yang berada diseputaran rumah sakit dengan mereka terdaftar di Daftar Pemilih Tambahan. Begitu juga yang ada di rumah tahanan serta daerah pedalaman atau daerah perbatasan yang memang sulit menerima akses informasi,” pungkasnya. (ais)

Bagikan: