Di Paluta, Dinkes Belum Temukan Kasus DBD

Bagikan:
Kabid P2PL pada Dinkes Paluta Rudi Perdana Ismail Batubara SKM.

MetroTabagsel.com – Hingga awal Februari tahun 2019, Dinas kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tidak menemukan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menimpa masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Paluta dr Sri Prihatin melalui Kabid Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Rudi Perdana Ismail Batubara SKM, Jumat (7/2).

Katanya, jika dibandingkan pada tahun 2018 yang lalu ada 4 kasus ditemukan di Kecamatan Portibi, dan sampai Februari 2019 pihaknya belum mendapatkan laporan adanya kasus DBD di wilayah Kabupaten Paluta. “Sesuai hasil peninjauan di lapangan, hingga hari ini kita tidak menemukan kasus DBD di Kabupaten Paluta,” ujarnya.

Dijelaskannya, selama ini daerah Kabupaten Paluta masih dikategorikan minim dan rendah atas kasus DBD yang menimpa masyarakat. Meski begitu, pihaknya masih terus gencar melakukan controling dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap gejala penyakit musiman ini.

Untuk penanganan sendiri, pihaknya selalu gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang menjaga kebersihan lingkungan, dan juga sering melaksanakan Fogging di sejumlah daerah yang dinilai rawan terhadap penyakit DBD.

“Kita punya program fogging yang kita laksanakan secara berkelanjutan dan selain itu kita juga terjun langsung ke masyarakat untuk sosialisasi agar masyarakat sadar akan lingkungan yang bersih dan sehat,” ungkapnya.

Memasuki musim pancaroba dan intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Paluta, ia menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar penyakit DBD yang bersumber dari nyamuk Aedes aegipty tidak datang dan berkembang di sekitar pemukiman masyarakat. “Jaga kebersihan lingkungan dengan pola hidup bersih dan sehat agar jentik nyamuk tidak berkembang yang bisa menimbulkan penyakit bagi keluarga kita,” tegasnya. (ais)

Bagikan: