Man City vs Chelsea: Jaga Posisi

Bagikan:
Man City vs Chelsea

MetroTabagsel.com – Diuji Chelsea di Etihad Stadium, Manchester City punya peluang mempertahankan posisinya di puncak klasemen. Sebab Chelsea tak punya rekor bagus di kandang City.

Big match akan tersaji di Liga Inggris pekan ke-26. City yang baru saja kembali ke puncak klasemen akan menjamu Chelsea di Etihad Stadium, Minggu (10/2) malam.

City menggusur Liverpool dari puncak klasemen usai menang 2-0 atas Everton, Kamis (7/2) dinihari lalu. Mereka kini mengumpulkan 62 poin dari 26 laga, unggul selisih gol atas Liverpool yang baru memainkan 25 pertandingan.

Menghadapi Chelsea di Etihad Stadium, City bermodal catatan bagus di kandang sendiri. Dalam sembilan duel terakhir melawan Chelsea di Etihad dalam ajang Premier League, The Citizens cuma kalah dua kali.

Dua kekalahan itu terjadi pada Februari 2014 dan Desember 2016. Sisanya, City menang enam kali dan imbang satu kali melawan Chelsea. Di Liga Inggris musim lalu, City menang 1-0 atas Chelsea di Etihad.

City juga didukung rekor buruk Chelsea di kandang tim ‘big six’. Dari enam pertandingan terakhir di markas tim ‘big six’, Chelsea tak pernah menang dengan hanya mencatat dua hasil imbang dan empat kali kalah.

Selain itu, City cukup tangguh di kandang sendiri. Dari 13 pertandingan Premier League yang sudah mereka mainkan di Etihad, tim arahan Pep Guardiola itu hanya satu kali kalah dan mencatat 12 kemenangan.

Tak cuma sulit dikalahkan, City juga produktif di Etihad. Sergio Aguero dkk selalu mencetak minimal dua gol dalam 14 laga kandang terakhir mereka di liga.

Ada Peluang Liverpool Menyalip

City baru saja kembali ke puncak klasemen Liga Inggris usai menang 2-0 atas Everton, Kamis lali. The Citizens mengumpulkan 62 poin dari 26 laga, unggul selisih gol atas Liverpool yang baru memainkan 25 pertandingan.

Usai melewati Everton, City sudah ditunggu ujian berikutnya dari Chelsea. The Blues sudah menembus empat besar menyusul kemenangan 5-0 atas Huddersfield Town pada pekan lalu.

Secara head-to-head, City hanya menang dua kali atas Chelsea dalam lima duel terakhir di Premier League. Sedangkan Chelsea mencatat tiga kemenangan dalam laju tersebut.

Namun Chelsea tak didukung rekor bagus di Etihad Stadium. Dalam sembilan lawatan terakhir ke markas City dalam ajang Liga Inggris, Chelsea hanya menang dua kali (D1 L6).

Jika terpeleset di laga ini, City bisa saja kehilangan takhtanya di puncak klasemen Liga Inggris. Di pertandingan lainnya, Liverpool akan menjamu Bournemouth, Sabtu (9/2) malam.

Usai hanya bermain imbang di dua laga terakhirnya, Liverpool harus tergusur dari puncak klasemen. Pertandingan melawan Bournemouth bisa jadi kesempatan bagi The Reds untuk kembali ke jalur kemenangan sekaligus menyalip City.

Liverpool hanya kalah satu kali dalam lima duel terakhir melawan Bournemouth di Liga Inggris. Mereka mencatat tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Bermain lebih dulu juga membuka kesempatan bagi Liverpool untuk memberi tekanan kepada City. Situasi tersebut berbeda dengan dua pertandingan terakhir di mana mereka bertanding setelah City.

Dari pertandingan lainnya, Manchester United akan tandang ke markas Fulham. Setan Merah sudah semakin dekat dengan empat besar usai serangkaian hasil positif bersama Ole Gunnar Solskjaer.

Usai rentetan kemenangannya dihentikan Burnley, MU kembali dapat poin penuh dengan menundukkan Leicester City. Paul Pogba dkk kini mengumpulkan 48 poin, hanya selisih dua angka dari Chelsea yang ada di urutan keempat. (dc/int)

Bagikan: