Hujan Deras, Satu Rumah Nyaris Hanyut

Bagikan:
Salah satu rumah warga yang nyaris terseret arus air hujan. (Amran Pohan/Metro Tabagsel)

TAPSEL – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, Kamis (7/2) mengakibatkan banyak titik Jalinsum terendam. Hal itu, diduga akibat kurang berfungsinya saluran air yang ada di pinggir jalan. Selain badan jalan, beberapa rumah warga juga sempat di genangi air. Namun, setelah hujan reda air langsung surut.

Pantauan Metro Tabagsel, suasana lalu lintas di Jalinsum Situmba, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, sempat tersendat. Karena para pengendara terlihat takut melintasi genangan air dengan ketinggian hampir selutut orang dewasa. Laju kendaraan pun melambat. Apalagi, permukaan jalan terdapat banyak lubang dan bergelombang.

Tak hanya itu, pengendara roda dua umumnya memilih berhenti menunggu hujan reda sambil memastikan surutnya genangan air. “Hujannya sangat deras. Jaranglah sederas ini,” ungkap Wahidin (43) salah seorang warga.

Genangan air kata Wahidin, memang kerap terjadi di titik Situmba Hasahatan dan Paringgonan, Desa Situmba Julu. Hal itu, diakibatkan kurang berfungsinya saluran air yang ada. Apalagi saat hujan deras seperti saat itu.

Masih amatan Metro Tabagsel, beberapa rumah warga yang berada dipinggir jalan, juga digenangi air. Namun, setelah hujan reda, genangan air pun surut dengan sendirinya.

Dan, selain dipinggir Jalinsum, rumah warga di Desa Sialagundi juga tak lepas dari terjangan air sisa hujan. Rumah yang berada di pinggir jalan tersebut, sempat terendam banjir dari sisa air hujan deras yang berkumpul dan meluap, karena parit yang ada tak mampu lagi menampungnya.

Pemilik rumahpun sibuk mengamankan rumah dan barang barangnya dari amukan air yang datang menerjang secara mendadak itu. (ran)

Bagikan: