DPD IPK Tapsel Budidayakan Ikan Lele

Bagikan:
DPD IPK Tapsel jalankan budidayakan ikan lele bagi pengembangan ekonomi masyarakat. (Amran Pohan/Metro Tabagsel)

TAPSEL – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatakan Pemuda Karya (IPK) Tapanuli Selatan membangun wirausaha anggotanya lewat budidaya ikan lele.

“Tujuan kita untuk membangkitkan gairah pemuda (IPK) yang berjiwa entrepreneur,” kata Ketua DPD IPK Tapanuli Selatan, Zainal Abidin, Selasa (7/2).

Didampingi bendahara Abdul Kadir Subardja, Zainal menjelaskan, budidaya ikan lele tersebut sudah diaplikasikan oleh PAC IPK Kecamatan Tantom Angkola yang diketuai Hermanto Sianturi.

“Alhamdulilah dalam kurun waktu satu bulan induk ikan lele kita serahkan kini sudah berhasil berkembangbiak hingga mencapai puluhan ribu ekor bibit,” ungkapnya.

Pengembangannya di Kelurahan Panabari Huta Tonga, Tantom Angkola. Dan lebih 30 ribu bibit ikan sudah ditabur untuk pengembangan di lima kolam (masing-masing kolam berukuran 3 x 4 meter) yang dikelola PAC IPK dengan harapan tiga bulan mendatang bibit ikan lele ini sudah bisa dipanen dan dijual.

“Semua hasil penjualan ikan yang dananya swadaya sendiri ini nantinya akan dikelola IPK Tantom Angkola sebagai inkam (pendapatan) dan pengembangan organisasi secara mandiri,” ujarnya.

Zainal juga berkeinginan, agar organisasi kepemudaan IPK mampu melahirkan kader-kader yang ke depannya menjadi sosok mandiri.

“Saatnya pemuda untuk berkarya nyata dan bukan karya kata sesuai slogan IPK, karena usaha ini akan terus dikembangkan ke skala yang lebih besar sekaligus merangsang kader IPK lainnya,” pungkasnya.

Pemkab Tapsel melalui Camat Kecamatan Tantom Angkola Indra Sakti menyambut baik program kewirausahawan yang dilakanakan DPD IPK Tapsel. “Program IPK ini sejalan dengan visi misi Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera disamping sehat dan cerdas,” sebut Camat. (ran)

Bagikan: