Gotong Royong, Cerminan Kekompakan

Bagikan:
Kegiatan gotong royong membersihkan semak dari bahu jalan oleh warga Lingkungan Pagaranbatu dan Pangkal Dolok, Kelurahan Parausorat. (Amran Pohan/Metro Tabagsel)

TAPSEL – Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu melalui Camat Sipirok Sardin Hasibuan, mengapresiasi kekompakan dan semangat gotong royong yang terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat, Lingkungan Pangkal Dolok dan Pgaran Batu, Kelurahan Parausorat, selama ini.

Menurutnya, semangat gotong royong mencerminkan masih terjaga dan terpeliharanya kekompakan dan kebersamaan di tengah pembangunan saat ini.

Karena itu Camat Sipirok mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya gotong royong. Sebab, melalui semangat bergotong royong, silaturahmi, kekompakan dan rasa ekeluargaan ditengah masyarakat akan terjaga dengan baik.

“Semangat bergotong royong di Pagaran Batu dan Pangkal Dolok patut kita apresiasi. Mudah mudahan dijaga dan terus dilestarikan. Karena gotong royong merupakan ciri khas kita semangat masyarakat. Dengan gotong royong semua bisa ditangani dengan mudah,” ungkapnya.

Menurut Camat, semangat gotong royong yang terus digalakkan oleh masyarakat kedua lingkungan, patut menjadi contoh bagi lingkungan, desa dan kelurahan yang ada di wilayah itu.

Dan tentunya, mengajak seluruh elemen masyarakat, mulai dari tokoh adat, tokoh agama terutama tokoh pemuda dan Naposo Nauli Bulung (kalangan remaja), agar menjadikan semangat bergotong royong sebagai kebutuhan.

Kepala Lingkungan Pagaran Batu Syarifuddin Siregar dan Kepala Lingkungan Pangkal Dolok Yahya Siregar menyebut, memang semangat gotong royong masih terus dijaga dan dipertahankan dikedua lingkungan. Terutama dalam menangani pembersihan pasilitas umum dan kegiatan masyarakat lainnya. Bahkan, semangat ‘marsialap ari’ (saling tolong menolong) dalam mengerjakan lahan warga, masih kerap dilakukan masyarakat. (ran)

Bagikan: